KOPASSUS (KOMANDO PASUKAN KHUSUS)

Dibawah ini saya mencoba untuk sedikit menyampaikan beberapa hal mengenai tentara kebanggaan TNI AD / ABRI yang bernama kopassus. Saya berusaha menjauhi informasi formal yang sudah sering kita baca di koran-koran, apa yang ada ini lebih berupa “inside Kopassus”

Motto : BERANI — BENAR — BERHASIL

Kilasan Sejarah Kopassus dibentuk oleh Kolonel E Kawilarang yang waktu menjabat Sebagai Panglima TT III / Tentara Teritorium siliwangi. Ia memanggil seorang bekas tentara KNIL yang memilih menjadi WNI, ketika terjadi perang DI/TII,namanya Mayor Ijon Jambi (orang Belanda, Nama aslinya RB Visser).

Kopassus diresmikan oleh AH Nasution pada waktu itu dan hanya 6 bulan berada dibawah TT III Siliwangi sebelum akhirnya dimabil alih oleh AD. Baretnyapun berwarna merah, karena memang mengambil alih konsep pasukan Belanda “roode baret”. Mengenai warna baret ini perlu kita ketahui bersama bahwa seluruh pasukan khusus di dunia menggunakan warna hijau, sedangkan pasukan “airborne/ lintas udara” nya berwarna merah. Tapi di Indonesia terbalik, justru pasukan
khususnya yang menggunakan baret warna merah.

Struktur Organisasi saat ini Kopassus terdiri atas 5 Grup (istilah grup hanya dipakai oleh Special Forces dibeberapa negara didunia, sedangkan tentara pada umumnya menggunakan istilah Batalyon, Detasemen, Brigade dan Divisi). Setiap Grup dipimpin oleh seorang Pamen berpangkat Kolonel. Dari prajurit sampai dengan Kolonel adalah tentara yang profesional dan terlatih terus, baik secara fisik maupun mental. Jadi jangan dibayangkan bahwa semakin tinggi
pangkat atau tua usia seorang prajurit Kopassus itu akan jadi lamban seperti tentara pada umumnya. Sangat sulit menemukan anggota ABRI yang pensiun di Kopassus, karena begitu fisiknya tidak memadai, Ia akan langsung mutasi ke Satuan lainnya.

Grup ini baru dimekarkan oleh Letjen Prabowo beberapa bulan lalu, sehubungan dengan AGHT (Ancaman, Gangguan, Hamabatan dan Tantangan) yang ada di depan kita di masa mendatang. Diperkirakan tidak akan ada perang dalam skala besar tapi justru skala kecil intensitas tinggi (terorisme, penculikan dll). Sebagai mana
layaknya Pasukan Khusus didunia, maka Kopassus dibentuk untuk menghadapi perang dalam skala kecil tapi berintensitas tinggi, seperti terorisme.

Grup 3 berlokasi di Batujajar, Jabar (dekat Cimahi) dan merupakan
Pusdikpasus (pusat Pendidikan Kopassus). Tempat latihannya berada disekitar Bandung sampai dengan Cilacap. Group 1 – 3 bekualifikasi PARA KOMANDO (semua anggotanya harus Mengikuti latihan terjun payung dasar/tempur )

Grup 4 disebut Sandhy Yudha dan berlokasi di Cijantung Jakarta, merupakan orang pilihan dari 3 grup pertama yang dilatih kembali menjadi berkualifikasi Intelejen Tempur, dengan tugas menghancurkan lawan digaris belakang pertahanan lawan (penyusupan).

Mereka adalah tentara profesional yang dalam pergerakannya dalam bentuk Unit (istilah dalam Special Forces, dalam tentara biasa disebut Regu, Peleton atau Kompi) berjumlah sekitar 5 orang. Dalam masa damai seperti saat ini, mereka mendapat tugas Intelejen Teritorial, misalnya mengetahui karakteristik demografi suatu daerah, pendukung dana yang bisa dimanfaatkan, tokoh-tokoh masyarakat, preman-preman dll.

(Sebagai informasi saja, bahwa sejak bulan Juni 1997, Kopassus mengirimkan team kecilnya keseluruh kota-kota besar di Indonesia dengan tugas RAHASIA, karena ABRI yang lainpun tidak mengetahui dengan pasti apa tugas mereka. Di beberapa lokasi / Kodam, tentara lokalnya bahkan tersinggung karena seolah-olah dianggap tidak mampu me manage daerahnya. Mereka ditarik kembali ke Jakarta pada bulan Januari 1998).

Kehebatan lain Grup ini adalah pola perilaku dan penampilannya yang sama sekali tidak mirip tentara . Misalnya cara bicara tidak patah-patah, rambut panjang, tidak pernah menghormat atasan atau yang pangkatnya lebih tinggi bila bertemu di luar Ksatrian mereka. Jadi sangat jauh dengan gaya Serse Polisi atau Intel Kodim dll. yang kadangkala justru menunjukkan kalau dirinya Intel. Mereka tidak ngantor setiap hari dan sangat jarang pakai seragam, hanya pada saat tertentu saja mereka kembali ke kantor (misalnya 2 minggu sekali untuk laporan atau mendapat tugas baru). Jadi pada prinsipnya
mereka sangat aktif berkecimpung dalam kehidupan masyarakat biasa misalnya di RT/RW, Perkumpulan Terjun Payung, Jeep Club dll. (terutama bagi mereka yang tidak tinggal di Ksatrian). Group ini
sangat profesional dalam penyamarannya dan juga sudah mendapatkan pendidikan
Perang Kota dari Green Beret US Army. Di Timor Timur, Aceh dan Irian (3 hot spot di Indonesia yang sering digunakan sebagai ajang latihan juga) mereka menyusup sampai ke kampung -kampung dan membentuk basis perlawanan terhadap GPK dari masyarakat lokal sendiri. Oleh karenanya kemampuan menggalang massa nya sangat terlatih.

Grup 5 (atau yang dikenal sebagai Detasemen 81, karena keberhasilannya dalam peristiwa pembajakan pesawat di Don Muang, Muangthai tahun 1981) adalah orang pilihan dari Group 4 dan merupakan yang terbaik yang dimiliki Kopassus. Mereka memiliki Ksatrian tersendiri di Cijantung dan terisolir. Klasifikasinya adalah ANTI TERORIS dan akan selalu mengikuti perjalanan kenegaraan Presiden. Pengetahuan orang bahkan ABRI sendiri tentang Grup ini
sangat minim, karena mereka sangat terisolir dan rahasia. Sebuah sumber mengatakan bahwa mereka mengikuti pola GSG 9 Jerman (Pasukan elite polisi Jerman, yang berhasil dalam pembebasan sandera di Kedutaan besar Jerman di Iran). Mengingat Prabowo adalah satu-satunya Perwira Indonesia yang pernah lulus dalam pendidikan anti teroris di GSG 9.

Namun demikian saat ini mereka sudah mulai mencampurkan pola latihannya sehubungan dengan banyaknya perwira yang dilatih oleh Green Berets US Army (misalnya Mayjen Syafrie Syamsudin). Peralatan yang mereka miliki sangat canggih dan tidak ada bedanya dengan satuan elite tentara lainnya di dunia.

LATIHAN

Jadi pendidikan awal seorang Kopassus adalah mengambil kualifikasi KOMANDO yang harus dijalani sekitar 6 bulan. Materi latihan meliputi Perang Hutan, Buru Senyap, Survival (dilakukan di daerah Situ Lembang dilanjutkan dengan long march ke Cilacap untuk latihan rawa laut, survival laut, pendaratan pantai dll.

Selain itu juga mereka harus mengambil pendidikan PARA DASAR Tempur dengan materi yang meliputi terjun malam, terjun tempur bersenjata dan diterjunkan di Hutan (membawa senjata, ransel, payung utama dan payung cadangan).

Dalam semua latihannya mereka akan menggunakan peluru tajam, oleh karenanya tidaklah heran bila hampir dalam setiap latihan selalu ada siswa yang meninggal dunia karena berbagai sebab (kelelahan, kecelakaan dll).

Standard yang dipakai di Kopassus sangat amat ketat, bagi yang fisiknya kurang mampu atau mentalnya lemah, jangan harap bisa bertahan didalam latihan ini, atau di Satuan ini. Kesalahan sekecil apapun tidak akan ditolerir, karena memang tugas mereka sangat berbahaya. Setiap anggota Kopassus harus memiliki keahlian khusus seperti menjadi penerjun payung handal (Combat Free Fall), penyelam, penembak mahir (sniper), Daki Serbu, Komputer/perang elektrokika, perang psikologi, menguasai sedikitnya 2 bahasa
daerah bagi para tamtama dan bintara dan bahasa asing untuk para perwiranya.

Mereka diseleksi secara ketat, baik oleh Team Kes AD (Kesehatan), PSIAD (Dinas Psikologi AD) dan Team Jas AD (Jasmani/Kesemaptaan). Proses seleksi ini pada dasarnya berjalan terus menerus sampai dengan selesainya latihan, seorang Pasis (Perwira Siswa) yang melakukan kesalahan pada hari terakhir latihan, akan langsung dipecat, artinya tidak ada kompromi. Oleh karenanyalah, LOYALITAS terhadap perintah atasan sangat penting dalam organisasi ini.

PERLENGKAPAN

Kopassus merupakan tentara pilihan dan mereka tidak mentolerir kesalahan dalam operasi sekecil apapun (Safety First), oleh karenanya perlengkapan yang mereka pakai sangat jauh berbeda dengan tentara lainnya. Perlengakapan mereka sangat canggih dan modern, misalnya saja untuk membaca peta, sudah tidak menggunakan lagi Kompas Prisma, tapi GPS (Global Positioning System) yang langsung berhubungan dengan Satelit; dengan hanya menekan satu tombol
saja, mereka akan mengetahui dengan tepat posisinya , jarak yang akan ditempuh bila akan menuju ke koordinat tertentu.

Grup antiterornya menggunakan senapan H&K MP5 , yang merupakan standar pasukan khusus terbaik di dunia seperti Green Berets, Delta Force, Navy Seal, GSG 9 Jerman, SAS dll. Pistol yang dipakai Beretta 9 mm (.45), selain itu juga berbagai macam kaliber lainnya seperti kaliber .22 (pistol kecil). Apabila peralatan yang mereka pakai sudah saatnya diganti (menurut manual) maka akan segera diganti. Hal ini sangat jauh berbeda dengan tentara lainnya yang cenderung konvensional dan melakukan tambal sulam terhadap peralatannya.

Mereka punya peralatan terjun payung tercanggih untuk melakukan HALO (High Altitude Low Opening) dan HAHO (High Altitude High Opening) yang memakai masker oksigen dll. Penerjunan ini dilakukan setinggi mungkin, sekitar 10.000 feet dan kemudian dia akan melayang dan membuka payungnya serendah mungkin guna menghindari radar lawan (agar tetap tampak seperti burung yang
melayang diudara di radar lawan).

Peralatan pendaratan pantai (memiliki LCR/Landing Craft Rubber/Perahu karet dengan mesin yang hampir tanpa bunyi, yang digunakan untuk operasi penyusupan dimalam hari), menyelam (dilatih seperti UDT, Underwater Demolition Team US Navy,), team Daki Serbu ( yang baru saja menaklukkan Himalaya dan dikenal di luar sebagai PPGAD/Persatuan Pendaki Gunung TNI AD).

Kehebatan Kopassus adalah mereka tidak segan-segan untuk meminta bantuan pihak lain yang dianggap ekspert dibidangnya seperti PADI untuk menyelam, AVES untuk terjun payung, Wanadri untuk naik gunung dll. yang dalam perjalanannya kemudian akan mereka modifikasi sendiri untuk keperluan tempur dan malahan menjadi lebih hebat.

Sebagai sebuah Satuan mereka memiliki Dinas Hub (Perhubungan) sendiri yang sangat canggih dan memiliki sistem perhubungan portable yang mandiri dan Satelite Mobile Phonet, Kes (Kesehatan) sendiri, Pal (Peralatan) sendiri dengan persenjataan yang canggih, Bek (Perbekalan) sendiri, Ang (Angkutan) sendiri, dengan mobil-mobil Hummer, mobil dipantai dll.

Bahkan mereka merencanakan untuk membeli helikopter sendiri dari Rusia (namun gagal karena Krismon). Jadi pada prinsipnya mereka sangat mandiri, termasuk memiliki sejumlah panser.

Kesimpulan & Keunggulan

1. 1 orang Kopassus dapat disetarakan dengan minimal 3 orang tentara biasa, karena ybs dilatih dengan berbagai ketrampilan (komunikasi radio, menembak, P3K dll). Di tentara biasa hal ini tidak dijumpai;
2. Kedisiplinan dan loyalitas yang tinggi terhadap tugas;
3. Biaya pelatihan bagi seorang Kopasssus sangatlah mahal;
4. Peralatan yang canggih dan tepat guna;
5. Secara umum kesejahteraan anggota Kopassus lebih baik dibandingkan tentara pada umumnya, terutama ketika dibawah Prabowo, karena ia sangat memperhatikan hal ini. (misalnya bila ada lelangan mobil di Bimantara dll., maka mobil bekas tersebut akan segera di beli oleh Kopassus untuk dijual murah kepada anggotanya /perwira);
6. Sangat jarang bagi mereka tinggal dirumah, selalu latihan dan operasi;
7. Mereka adalah tentara profesional yang tidak pernah ragu untuk mengambil keputusan dalam membela negaranya dari bahaya
8. Sangat amat jarang ditemukan anggota Kopassus yang bekerja menjadi SATPAM di industri-industri, sebagaimana sering ditemui terjadi pada tentara lainnya. Karena relatif taraf ekonomi mereka lebih terjamin sehubungan dengan adanya YAYASAN KOBAME (Korps Baret Merah)
9. Cara-cara mereka beroperasi sangat profesional (dalam pengertian tentara misalnya tehnik membunuh, kontra intelejen, agitasi, propaganda, perang psikologi, penggalangan massa, menguasai berbagai macam type senjata).

Saya tidak mengartikannya dalam konteks HAM dan hukum positif.

Info Tambahan:

Sebenarnya Indonesia juga mempunyai pasukan khusus lainnya milik TNI AL, namanya DEN JAKA yang bermarkas di Jakarta dan dipimpin oleh seorang mayor (dikenal dekat dengan Prabowo). Pasukan ini memiliki kemampuan UDT (Underwater Demolition Team) dan dilatih secara intensif oleh US Navy Seal. Mereka aktif terlibat dalam menangkal masuknya kapal Louisiana Expresso beberapa tahun yang lalu di perairan Timtim. Detasemen ini juga mengadopsi SBS , team pendarat pantai yang handal dari US Navy dan AL Inggris. Mereka biasa melakukan penerjunan malam hari di rig-rig minyak lepas pantai, dengan menggunakan skenario terorisme. Jadi sabotase dibawah laut , penghancuran dan penyerangan dari laut merupakan keunggulan satuan ini. Perlu diketahui bahwa selain tingkat fisik dan mental yang kuat, intelegensi para perwiranya juga sangat dominan.

About these ads

156 Tanggapan so far »

  1. 1

    mohon ijin, copydi web saya…terima kasih

  2. 2

    fahmi said,

    saya bangga indonesia memiliki pasukan elit kopasus, saya mohon berantas terus para pengacau keamanan yang akan memecah belah NKRI, apapun yang diperlukan sebagai warga negara saya siap membantu !!!! (mahasiswa unpad)

  3. 3

    KieN said,

    saya bangga Indonesia punya KOPASSUS !!
    Moga KOPASSUS makin jaya !!

  4. 4

    chandra said,

    I PROUD WITH KOPASUS…..BERANI,BENAR,BERHASIL…….KOMANDO!!!!

  5. 5

    watuseno said,

    mohon ijin…apakah Den 81 ini sama dgn DEN GULTOR 81, klo Dentasemen Jala Mangkara secara specsfkasi pernah saya kagumi… mohon petunjuk ada dua Den disini di ulas tp knpa dgn Den Bravo 66 TNI AU tak di ulas…..agar WNI tau dan bangga karena NKRI jg pny pasukan Elite,….

  6. 6

    sayeeda said,

    mohon ijin untuk dipasang di blog saya. terimakasih.

  7. 7

    R.Achmad said,

    Jayalah Kopassus…Tegakka Keamanan & Pertahanan Dibumi Indonesia ini..
    HIDUP KOPASSUS………

  8. 8

    bagus said,

    Kami bangga menjadi putra-putri yang ayahnya sempat menjadi anggota kopassus, walau sudah pensiun semangat komandonya masih tetap tinggi, tetapi mohon diperhatikan dong kesejahteraan dan perjuangannya hidupnya setelah memasuki masa pensiun. Mereka penuh harap putra-putrinya melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi dengan uang pensiun yang mereka terima. Komando……

  9. 9

    Lini said,

    Tetap semangat buat Kopassus…

  10. 10

    Bagai mana seorang kopassus mendapatkan keahliannya

  11. 12

    GATOT said,

    tolong dong ceritaian juga aksi – aksi mereka di medan laga, gue ada diligkungan militer dansering di ceritain kejadian – kejadian waktu di daerah operasi, misalnya satu regu yonif 320/Badak putih tercecer di daerah TIMTIM pasca jejak pendapat dan harus berjalan selama satu minggu ketitik pertemuan di tengah- tengah kepungan musuh dan pasukan bule ostrali yng baru belajar nembak untuk di evakuasi….

  12. 13

    Rustiawan said,

    Sy bangga melihat anggota komando krn dr dulu sy pgn masuk menjadi anggota tni ad sy hrp pasukan komando bs lebih maju di bandingkan dgn pskan luar.maju terus tni km akan tetap mengbdi kan jiwa ragaku untukmu

  13. 14

    DASITYA said,

    JAYALAH KOPASSUS, PASUKAN ELITE INDONESIA…..
    BELA NEGARAMU DENGAN SEPENUH HATI KAMI BERBANGGA HATI ATASMU

  14. 15

    Eko Ch said,

    Kopassus you’re number Indonesian soldier

  15. 16

    Eko Ch said,

    Kopassus you’re number one Indonesian soldier ………. cherrs !

  16. 17

    sudaryanto said,

    Mas, foto di atas ntuh bukannya seragamnya pasukan raider milik kostrad?

  17. 18

    KFC said,

    Kayaknya tuh seragamnya raider dech

  18. 19

    bayu aji said,

    Kita semua harus bangga mempunyai kopassus, karena kopassus merupakan salah satu pasukan komando yang disegani di dunia. Maju terus kopassus jangan ragu untuk bertindak demi keutuhan NKRI. KOMANDO !!!

  19. 20

    saya bangga selaku bangsa indonesia mempunyai KOPASUS yang hebat dibandingkan dengan tentara biasa,oleh karena itu saya berharap kepada semua kopasus yang ada di indonesia ini agar menjadi TNI (kopasus yang diandalkan baik TNI AL,AD bhkan AU dan menjadi contoh bagi semua prajurit.

  20. 21

    Semanga……..ttttt ya kopasus.

  21. 22

    saya bangga selaku bangsa indonesia mempunyai KOPASUS yang hebat dibandingkan dengan tentara biasa,oleh karena itu saya berharap kepada semua kopasus yang ada di indonesia ini agar menjadi TNI (kopasus yang diandalkan baik TNI AL,AD bhkan AU dan menjadi contoh bagi semua prajurit.semangat………..ok

  22. 23

    Wawank said,

    bagaimana cara masuk dam kopassus INDONESIA,?……….

  23. 24

    supian sri said,

    maju terus, sy bangga jadi org indonesia diluar negri punya kopasus

  24. 25

    wahyugusti said,

    Bravo kopassus, saya termasuk seorang mahasiswa yang sedang belajar film di amrika, saya pernah di jalab gunung rowan rumah saya pas dipojok belakang pos jaga cijatung satu, sahabat saya donni Hutabarat, dari group 1 batau jajar, saya penah sama dia waktu tugas dirian tahun 1995, tolong beri informasi di email saya, wassalam

  25. 26

    taufik hidayat nst said,

    KOPASUS bukan alat penguasa belaka, tapi adalah tentara pilihan yg bertugas untuk melindungi rakyatnya, bukan mengkhianati rakyatnya !
    semoga KOPASUS menjadi pembela rakyat yg sejati !!

  26. 27

    jadilah pasukan elit terbaik di dunia.

  27. 28

    Abyasa said,

    Ijin bicara,KOPASSUS memang the Most Indonesian lethal Forces!
    Saya bangga menjadi warga negara yang memiliki satuan khusus KOPASSUS.oia,klo boleh tau,berapa sih jumlah anggota GULTOR?
    aku fans banget sama satuan 81 gultor,n pengen tau seluk beluknya.

  28. 29

    joel said,

    Ditengah krisis demensional di bangsa ini (Indonesia),saya benar-benar merindukan hadirnya tokoh-tokoh dari Kopassus yang bisa memimpin bangsa ini ke depan. bangsa ini adalah bangsa pejuang,mana mungkin dengan dalih demokrasi semata peran komando tersingkirkan. Kelemahan bangsa ini yang paling mendasar yakni mudah lupa sejarahnya sendiri serta mudah dininabobokkan oleh kekuatan spionase asing/kelompok tertentu yang ingin bangsa ini lemah,pecah,remuk dan hancur berkeping-keping.Negeri yang berkepulauan ini akan semakin tak berdaya manakala otoritas jalur komando pemerintahan lemah bahkan nyaris tidak ada. jadi singkat saja..pola/model kepemimpinan OTOKRASI-lah yang paling tepat diterapkan di Indonesia tercinta ini.Jangan mau kita dijebak dng istilah2 yang akan menjadi bumerang, seperti; pelanggaran HAM bahkan DEMOKRASI sekalipun.Bangkitlah KOPASSUSku,bangsaku.tanah airku INDONESIA RAYA.Terus terang deh..elemen pemersatu bangsa ini hanya bisa diawali,dibangun dan dibesarkan dari para ksatria bangsa..KOMANDO…

  29. 30

    joel said,

    Menurut saya; setiap pasukan elit di bangsa ini (Indonesia), baik ditubuh TNI-AD, TNI-AL, TNI-AU dan kepolisian bergandengan tangan dan “KELUAR” dari persembunyiannya untuk lebih nyata berkiprah buat bangsa ini..bangkitkan semangat patriotis bangsa ini melalui segala cara, khususnya dengan memanfaatkan media yang ada. Saya sedih.. kalau melihat generasi hanya bisa menggemari sinetron-sinetron murahan. HEI..KOPASSUS..KOPASKA..KOPASKAS DAN DETASEMEN 88 BERSATULAH DALAM VISI DAN MISI MULIA..AYO PARA KOMANDAN..JGN LENGAH DAN TERLENA..BEKERJALAH DENGAN MERENDAHKAN DIRIMU DIHADAPAN TUHAN YANG BERKUASA DALAM HIDUP INI..SYALOOM..GOD BLESS INDONESIA..

  30. 31

    inana said,

    ya semoga gak jd antek orba ajah… udah tau salah dibela mati2an…

  31. 32

    Wispam said,

    Saya bangga bangsa Indonesia mempunyai Kopassus ……… karena Om saya juga seorang ex Wadan Den 81 yang sekarang ditugaskan di Dephan. Jayalah KOPASSUS ……

  32. 33

    rauda said,

    saya mau tanya, apa syara – syarat untuk menjadi seorang anggoya koppasus ?

  33. 34

    Ujang Ahmadi said,

    Saya setuju banget dengan pemikiran dari saudara Joel.Emang sich,kalau kita pikir KOPASSUS dulu pernah terjebak dalam rezim Soeharto/Orba.Tapi Kopassus juga manusia khan? Soeharto dan juga teman-teman mahasiswapun manusia juga khan? Semua bisa aja keliru dalam bertindak.Yang penting sebagaimana adanya kita,sudah berperankah kita secara maksimal buat bangsa ini?Setelah reformasi teman-teman mahasiswa bisanya kok malah berantem melulu,belum lagi terhitung yang terjebak dalam praktek-praktek sex bebas,terlibat narkoba.dsb.Setelah jadi sarjana jg belum keliatan tuh kiprahnya secara nyata.Para birokrat kita jg udah keblinger,cita-citanya korupsi melulu,guru-guru besar,para professornya juga mandul alias gak kreatif.Hampir semua penemuan IPTEK diborong negara-negara maju.Belum lagi para rohaniawan bangsa ini bisanya ngomong doang.Semuanya ujung-ujungnya duit jg.Malah kalau udah NGETOP gak kalah ama artis (berpoligami).Para wakil rakyat udah kagak punya kepekaan alias hati nurani.Eksekutif jg lupa pada janji-janjinya dulu. Harapan gue sih, Kopassus jgn jadi korban lagi dech.Yang terlibat negatif dulu khan hanya sebatas oknum-knum yang menjabat waktu itu.Aku harap semua elemen di bangsa ini sadar aja dech bahwa saling menyalahkan gak ada guna,KORUPTOR lah musuh kita bersama saat ini. Dipikirnya kaya dari hasil korupsi itu enak apa?ujung-ujungnya masuk neraka lo__he3.

  34. 35

    Laila said,

    JAngan sampai melanggar HAM, klo musuh ya silakan aja, namanya juga musuh, tapi rakyat yang tidak berdosa jangan low
    Mudah2an selalu dalam lindungan Tuhan, Yme

  35. 36

    Laila said,

    Salam sama semua yang lagi tugas di PApua Khususnya Yonif 320/Badak Putih, kami disini selalu berdo’a semoga prajurit kita pergi untuk kembali membawa kemenangan
    Tetap semangat, jangan lupa sholat dan berdo’a dalam mengemban tugas’s
    Salam spesieliey 4 Pratu Herman Kusmanto, Pratu Darmady, Pratu Mukhlis Alhabibi Pasaribu,, de-eL-El,, kami kangen buuuuuooaaangeeeeeeeeet, mudah2an kesampean ya pesan ini numpang e-mail nya Kopassus….
    I Love so muuuuuuuuuuuuuuuuch dari tante2 mu

    By
    Niela and Laila

  36. 37

    ree said,

    cuma satu yang saya tau, KOPASSUS adalah barometer kualitas pasukan khusus di indonesia bahkan Asia,

    Kopassus sama dengan celebrity, apa yang kalian buat menjadi sorotan semua lapisan masyarakat indonesia bahkan dunia. jadi harus menjaga sikap dan menjunjung tinggi profesionalisme. lupakan masa kelam kalian diwaktu lampau,

    KOPASSUS… kami tetap membanggakan kalianmu dan selalu mendukung kalian

    Bravo, DenJaka, Taifib, Kopaska den 88, Gultor… Jaya selalu untuk kalian

    KOPASSUS… berlatih berlatih dan terus berlatihlah supaya kalian tetap NUMERO UNO

    SALAM KOMANDO….

  37. 38

    t333dy said,

    MAap, bisa diralat g tu….

    Untuk KOPASSUS perbandingnanya 1:5 bukan 1:3 seperti yang disebutkan diatas

  38. 40

    koko said,

    KOMANDO !!!!!

    sikap nan tegap waspada dan wibawa…
    prajurit komando bersikap satria…
    bagi nusa bangsa dan negara
    pantangkah menyerah di medan laga…

    ….

    demi tuhan kami ini berjanji
    rela binasa membela ibu pertiwi..

    lebih baik pulang nama
    daripada gagal di medan laga…

    KOMANDO !!!!

  39. 41

    sartono said,

    saya baru saja membaca buku gajah mada,bila di teliti kopasus ini mirip demgan pasukan bhayangkara majapahit,apa kira2 pembentukanya ada hubunganganya.wah kalau begitu pada saat gam pecah kopasus ada banyak dong di sana.

  40. 42

    wiji said,

    saya pribadi bangga dengan kopassus smoga korps ini tetap melindungi orang lemah yang teraniaya SALAM KOMANDO

  41. 43

    Yang punya Artikel tentang Militer / Pasukan Ellit

    yang dimiliki indonesia..

    mohon kiranya bersedia membagi ke email saya di lulus.utama@pajak.go.id

  42. 44

    Mahyandi said,

    kalau boleh stelah saya lulus nanti boleh ga saya mendaftar jadi calon kopasus…..

  43. 45

    Teguh said,

    saya bangga dengan kopassus, kebetulan Pak De saya bekas Kopassus, dan sekarang sudah meninggal. sampai detik ini saya masih ingat tentang arti KEDISIPLINAN & KEBERANIAN yang ia ajarkan dan hal itu sangat sulit untuk dilupakan DIRGAHAYU KOPASSUS 16 APRIL 2008

  44. 46

    Amalul said,

    Komando!!!..
    mohon ijin dan petunjuk…
    bagaimana klo di Indonesia LSM disingkirkan karena merusak NKRI..
    Jaya terus KOPASUS..
    Komando>>

  45. 47

    Riang said,

    Kopassus, terus mantapkan namamu di jajaran Top Rank pasukan khusus dunia!

  46. 48

    Tiur oktober said,

    Jayalah KOPASSUS !!! Aku mencari sahabat lama, beliau seorang perwira lulusan AKMIL 1991,yg udh tercapai cita2nya menjd anggota KOPASSUS. Where are U.. Ario Prawiseso? Mohon yg mengetahui krm ke email aku? Atau mgk jk Ario Prawiseso sendiri? Ingat dg pos Karet ga? Apakbr sobat? Salam. Thx

  47. 49

    sari rita said,

    saran saya KOPASSUS jangan sok arogan ya…..jalan kan tugasmu dengan semangat pantang mundur….

  48. 50

    franky said,

    gila…gw baru tw negara kita pny tentara elit kyk gini..keren banget..

    oya,sbg info, KOPASSUS kita tnyata adalah tentara elit no.3 di dunia lho..(klo ga salah)

    jadi..kita harus berbangga..HIDUP KOPASSUS..!! HIDUP INDONESIA!! MAJU TERUSS..!!

  49. 51

    Babay said,

    Terima kasih karena sudah beri informasi ttg kopassus.. mm saya mau menambahkan pada awal 2007 lalu kopassus telah memiliki NIght Vision ( Alat menyusup pada Malam Hari) alat ini sama seperti yg digunakan Oleh Ghost Recon…. n satu lagi apa benar DENJAKA dilatih untuk membunuh musuh bukan “one shot one kill” tapi “one shot two kill”.. mohon penjelasan.. thanks

  50. 52

    boga_lakon said,

    bravo kopassus..

    im proud of u

    so muchhhhhhhh

  51. 53

    nur rahardjo said,

    saya bangga dengan kopassus, saya pernah mencicipi sedikit latihan pada tahun 1978 di Tuguran sebagai anggota Menwa. Ternyata bekal tersebut sangat berguna dalam mendukung tugas dan pekerjaan saya saat ini sebagai diplomat.

  52. 54

    Hendro said,

    Jangan takut melanggar HAM karena tugas negara, kalo sudah musuh negara harus dibunuh, dihabisi, dan dibinasakan tanpa sisa kalo perlu LSM yang coba membelanyapun perlu dibinasakan juga. Tugas negara lebih penting dari pada ngurusin LSM yang jadi antek negara barat untuk memecah belah Indonesia.

    Hidup Kopassus…………………..

  53. 55

    asswrwb,..
    iya…ya….inggih…gih…ade doa”n kk asram masuk batalyon Kopassus….. tapi kalau kesampaian jangan lupa ya mampir ke Bogor kota Buittenzorg(kota hujan), but apa gak aneh ya Dokter kok mau ya panas2an, wajahnya di kasih areng ampe item, kan bikin kulit rusak,iritasi,jerawat,dsb….huh kalau ade sih maux kalau di CKM AD ya di Laboratoriumx kan enak..gak panas2an..nyantai lagi…but GOOD LUCK…

  54. 56

    jendralbesar_24 said,

    >>>bangga…sudah menjadi kata yang tak terbantahkan…

    >>>sedih ketika PARAKO ‘dimanfaatkan’ oknum/perwira tertentu, sehingga masyarakat seolah anti pati terhadapmu…

    >>>kecewa, jika dimasyarakat berbuat ‘ulah’…

    >>>satu hal yang pasti _aku bangga memilikimu_

    >>>>EKA WASTHU BALADHIKA<<<<

  55. 57

    Bidadari said,

    Gw baru baca n nemu nih artikel ya…( gara2 gw habis liat tvone samalam tentang pembajakan pesawat thn 81) terus gw cari2 webnya eh nemu yang kaya gini, keren banget yah….., salut deh kita bisa punya anggota seperti ini, Gw aja bisa kagum, orang kopasus berani tidak pernah takut akan apa pun n semua rintangan bisa dia hadapi.

  56. 58

    bambang s said,

    selamat ulang tahun KOPASSUS ….sori terlambat
    semoga KOPASSUS tetap komit dg motonya..

  57. 59

    Judhy said,

    KOMANDO PASUKAN KHUSUS, ( KOPASSUS ) TNI.AD

    SANGATLAH BANGGA , KITA INDONESIA MEMPUNYAI PASUKAN ELITE INI , KARENA MEREKA MEMANG TENTARA PILIHAN YG BERKUALITAS PADA MASING BIDANGNYA, JUGA TIDAK KALAH DENGAN PASUKAN ELITE NEGARA LAINNYA, BOLEH DIADU…BOLEH DI TEST MEREKA …
    KARENA KEMAMPUAN MEREKA SAMA , HANYA KALAH DALAM PERALATAN SAJA… SEANDAINYA SAYA JADI PANGLIMA ABRI, PASUKAN INI YANG AKAN SAYA BEKALI DENGAN PERALATAN SESUAI KUALITAS TEMPURNYA , YANG SPEIALIS , OLEH KARENA ITU ALUSISTA JUGA HARUS MODERN, CANGGIH…JADI ADA ALOKASI DANA KHUSUS DARI DEPHAN UNTUK PASUKAN ELITE INI. cONTOH :

    KOPASSUS HRS PUNYA SKUADRON SENDIRI UTK MOBIL UDARA…
    DITIAP – 2 GROUP , MISAL : HELICOPTER , PESAWAT ANGKUT YG DIOPERASIKAN SENDIRI OLEH SATUAN INI, KARENA KEBUTUHANNYA SANGAT MENDADAK / EMERGENCY DAN TDK PERLU BERTELE- 2 MELALUI PROSEDUR…PINJAM SANA SINI, SEHINGGA WAKTU BISA EFEKTIF…DAN SASARAN BISA DGN CPT DISELESAIKAN.

    MOBIL OPS. HUTAN RAWA , PADANG PASIR , SEPERTI BUGGY , JUGA HARUS DIPUNYAI , MODERNISASI PERSENJATAAN SERTA PERALATAN ELECTRONIC TEMPUR , MINI SATELIT WARFARE , GPS, DIGITAL MAP. JAMMER COM. DLL. SESUAI KEBUTUHAN.

    SAYA YAKIN APABILA INI BISA DIPENUHI , PASTI NEGARA LAIN AKAN KEDER LIHAT INDONESIA , TERUTAMA PARA TERROIS YG MAU MACAM -2 SAMA INDONESIA ….!!!

    kebutuhan ini juga berlaku bagi pasukan elite masing 2 satuan…. jadi semua pasukan Elite Indonesia punya kualitas dunia , seperti yg pernah ditunjukan kopassus, Don Muang , Mapeduma , Latihan bersama dgn Australia ,malah yg menang Kopassus dlm kecepatan menyerang gedung serta pembebasan sandera….serta tugas – 2 yg undercover

    Jaya lah Kopassus, Hidup Pasukan Khusus Indonesia , NKRI harus tetap utuh… Dipundak Mereka segala Tanggung Jawab Kita berikan untuk Kesatuan Negara Kita….oleh Karena itu Hargai, dan bantulah menjaga keamanan…kalo perlu kita sokong dana bersama – sama dengan rakyat Indonesia untuk modernisasi peralatan mereka….SETUJU,,,,?!

  58. 60

    joe said,

    ralat mas tedi bukan 1:5 tapi 1:10

    kopassus pun ikut menjaga perdamaian dunia UNIFIL

    JAYA TERUS KOPASSUS……………………

    AKU BANGGA MENJADI BAGIAN DARIMU

    DIPUNDAKMU INDONESIA BERHARAP

    KOMANDO….!!!!!!!

    ……..SIAP SETIA BERANI……….

  59. 61

    agent47 said,

    mas aku ijin yah, ngopi artikel mu…. yah…yah…yah.. makasih…

  60. 62

    Teguh said,

    “BETTER DIED THAN FAILED ON DUTY”

    MAJU TERUS KOPASSUS !!!

    JADILAH TENTARA TERBAIK BAGI BANGSA INDONESIA TERCINTA

    SALAM KOMANDO………!!!!!!

  61. 63

    R1k3 said,

    Saya jadi ingat ma seseorang yg pernah benar2 spesial buat saya & kel. Alm Kapt.Abdurahman, lulusan akabri 1994 yang gugur di aceh 10jul2003, dari grup solo :'( Semoga Kopassus tetap jaya

  62. 64

    keni said,

    kopassus tu………. komando pasang susuk ya

  63. 65

    Rahmad Rahim Lubis said,

    kopassus kalo menurut saya sama aja dgn pasukan elit dr negara lain yang membedakan cuman alutistanya aja,mhn perhatian pemerintah(DEPHAN) supaya alutista kopassus di tambah biar profesional.seingat saya dulu kopassus pernah menjadi salah satu pasukan elit yg ditakuti olh negara lain.OK……….!
    Semoga para anggota KOPASSUS jangan merasa sok jago karena merasa lbh hebat dr kesatuan lain.JAGALAH NEGARA TERCINTA INI SAMPAI TETES DARAH PENGHABISAN.BRAVO GRUP 1 SERANG(PHARAKO)…………………………………

  64. 66

    bathara said,

    kehormatan sebagai dasar……………………….

  65. 67

    erik said,

    mudah2an kopassus sama polri ga pada berantem di warkop gara2 rebutan jatah

  66. 68

    Ardiansyah/medical army said,

    Salam komando !!!!

    Disaat ini Ibu pertiwi sedang menangis dan sedang berduka .
    Marilah kita sekarang bersama sama menghibur ibu pertiwi kita .
    Dengan menunjukan semangat pengabdian dan jiwa patriotisme
    kita semua agar supaya ibu pertiwi bisa tersenyum kembali…….

    wooooooiiiiiii teman teman diseluruh nusantara marilah kita bersatu untuk memajukan bangsa kita ini………..
    …………………………………………….mohon doa restunya

  67. 69

    Dini said,

    Di lihat dari prestasinya, dan keahliannya mungkin tidak di ragukan lagi Kopassus memang wahid di antara tentara yang lain, apalagi saat-saat bpk Prabowo menjabat sebagai Danjen Kopassus. Pertanyaannya adalah dari semua angkatan di seluruh dunia, apakah Kopassus dapat menyaingi mereka????????? dan Kopassus di tingkat berapa??????????? mengingat ancaman bisa datang dari mana saja, dan Kopassus adalah andalan negara kita!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  68. 70

    Iwan setyawan said,

    Salam komando……………. semoga Tuhan bersama kita….

  69. 71

    jujur said,

    Mas Sejauh ini Kopassus cuma dijadiin centeng para leasing Finance. Coba tengok Grup 1 di serang malah pada kerjasama ama adira finace, wom finance, dll. narikin motor dari konsumen yang nunggak dengan cara bentak-bentak dan nakut-nakutin….ape yang mau dibanggain dari kopasuss……Coba tengok kelapangan……..tentara jadi Centeng.. judul yang menarik buat tulisan mas tadi. salam

  70. 72

    dhiny irena sari said,

    semangat untuk semua..
    pround of dan-81 gultor

  71. 73

    SELAMAT BUAT KOPASSUS ATAS DILANTIKNYA KOMANDAN JENDERAL (DANJEN) YANG BARU, SELAMAT JUGA BUAT MAYJEN PRAMONO EDHIE WIBOWO..SEMOGA KOPASSUS LEBIH MENDAPATKAN TEMPAT DI HATI RAKYAT INDONESIA…DENGAN PRESTASI YANG GEMILANG,SAYA YAKIN INDONESIA LEBIH AMAN DAN TENTERAM…KITA JAGA INDONESIA BERSAMA-SAMA WALAU HARUS DENGAN KERINGAT DAN DARAH…HIDUP KOPASSUS!!!!

  72. 74

    ega saputra b. said,

    luar biasa….tetap dalam lindungan Allah SWt…amien

  73. 75

    siBoros said,

    Ralat dikit atau mungkin saya yang salah, latihan dasar Komando (Kopassus) setahu saya paling lama yaitu 9 bulan dibanding Kostrad dll.Atau mungkin saya yang salah.”Hidup anak2 FOKPOS dll (anak2 YATIM yg bapaknya meninggal dalam penugasan di Timtim)”. Semoga ALLAH SWT selalu memberikan taufik, hidayah,rahmat dan rizki kepada teman-teman semua.ALLAH SWT bless you ALL.

  74. 76

    nuno said,

    PROUD TO BE KOPASSU…!!!

  75. 77

    nuno said,

    PROUD TO BE KOPASSUS…!!!

  76. 78

    Gilang Purnama said,

    “LEBIH BAIK PULANG NAMA DARIPADA GAGAL DALAM TUGAS”
    BRAVO KOPASSUS…

  77. 79

    Yudhi said,

    Saya dulu sekolah dilingkungan Ksatrian dan jika HUT Kopassus sering lihat defile dari halaman sekolah. Bangga melihat mereka….

  78. 80

    TUETY said,

    sy sangat bangga dng kopassus elite militer ,mereka berlatih dan berjuang menaruhkan jiwa dan raga y untk negara,jaya terus kopasusu NKRI,sy akan slalu mendo’a kan mu………..go luck!!!!!!!

  79. 81

    chacha said,

    i proud of K.O.P.A.S.U.S…..
    mga ja Q bsa pnya tmen anggta kopasus.
    heeeee.heeee….

  80. 82

    STEVAN said,

    jaya lah kopasus ,NKRI HARGA MATI

  81. 83

    susilo said,

    kopassus, anda memang bukan yang terbaik tapi yang terlatih, jaga citra dan semoga rakyat tetap mencintaimu. bravo kopassus !!!

  82. 84

    mikosutrisno said,

    komando’ jaya selalu

  83. 85

    taul said,

    buat kopassus, maju terus pantang mundur.berantas semua LSM-LSM yang menghalangi kalian dan mengatas namakan HAM.HAM itu apa?kalau aktifis-aktifis tersebut dikasih uang juga akan diam.libas terus musuh-musuhmu,terutama musuh dalam negeri yang menghalangimu, dan jangan lupa GANYANG MALAYSIA negara pencuri kekayaan alam kita.

  84. 86

    LENNY HIDAYAH PUJIYANTO said,

    Calon suami juga seorang kopasus,kadang saat dia tugas,aku juga merasa khawatir dan was-was.Tapi dibalik semua itu aku bangga padanya.hidup kopassus.. jaga terus indonesia..

  85. 87

    LENNY HIDAYAH PUJIYANTO said,

    Calon suamiku juga seorang kopasus,kadang saat dia tugas,aku juga merasa khawatir dan was-was.Tapi dibalik semua itu aku bangga padanya.hidup kopassus.. jaga terus indonesia..

  86. 88

    Merah Putih said,

    Ijin komentar komandan….

    Hidup Kopassus ( Komando Pasukan KHUSUS)…..

    Hidup Densus ( Detasemen KHUSUS ) 88 AT….

    Hanya dua Elite ini yang make nama KHUSUS
    Terlihat memang kualitasnya
    Negaraku, berikan pada mereka kesejahteraan yang sesuai dengan pengorbanannya.
    Jangan diberikan pada koruptor anjing yang rela menjual negara ini untuk kebutuhan anak & istrinya…

    Kopassus & Densus 88 AT, bunuh aja koruptor itu…..
    Kami AA Klandestein, siap membantu…

    Ijin, Selesai.

  87. 89

    sary said,

    kopassus maju terus

  88. 90

    arjunfl said,

    we always love and proud to you… G B U… berani benar berhasil…. (best do,best dan, best think) Bravo KOPASSUS….

  89. 91

    edi said,

    mohon ijin, copydi web saya…terima kasih

  90. 92

    [...] Pasukan Khusus http://asramfkguh02.wordpress.com/2007/09/05/kopassus-komando-pasukan-khusus/ Possibly related posts: (automatically generated)MS-13 Vandalizes Viet Nam [...]

  91. 93

    Arifin said,

    Saya sangat bangga dengan kopassus…sudah banyak yang saya kenal dekat dengan kopassus yang tugas di papua mereka sangat beda dengan polisi..prinsip pertemanan mereka tidak memandang segi materi tapi benar2 menjalin persaudaraan tanpa melihat dari segi ras..pernah ada yg cerita sama saya waktu dia tugas di aceh sempat minum air kubangan babi gara2 persediaan logistik mereka habis…tapi mereka tetap semangat,sungguh pengorbanan mereka tidak sebanding dengan jaminan kesejahteraan mereka,maju terus KSATRIA INDONESIA….SALAM KOMANDO

  92. 94

    noval said,

    KOMANDO !!!
    Gw bangga republik ini mempunyai Pasukan Khusus sehebat KOPASSUS. Ada beberapa catatan untuk perkembangan KOPASSUS kedepannya.

    Setiap prajurit KOMANDO disamping hrs memiliki beberapa spesialisasi tempur juga harus memiliki pengetahuan cilture (Budaya) beberapa daerah di Indonesia. Karena ini sangat mendukung sekali tugas-tugas operasi tertutup di daerah2 tertentu (khususnya bagi anggota Group 3 / SANDHA, umumnya bagi seluruh anggota KOPASSUS lainnya)

    Sebagai Satuan elite yang berdiri sendiri, KOPASSUS harus melakukan peremajaan peralatan-peralatan tempur dan segala sarana pendukung lainnya, guna maksimalisasi jenis operasi.

  93. 95

    Fais said,

    Saya Bangga sekali dengan pasukan Kopassus ini, apalagi ada ulasan yang sangat bagus dari pak Kopassus, Apakah Sampai sekarang ini Kopassus masih menjadi pasukan satu satunya TNI – AD yang Elite pak ?

  94. 96

    ajeng said,

    mohon ijin kopi ke blog saya ya. thx.

  95. 97

    lukman said,

    Komando patriot diantara para penghianat dan pengecut, your simply the best

  96. 98

    Ragil said,

    KOPASSUS IS THE BEST,BRAVO KOPASSUS

  97. 99

    imam said,

    kopasus…………… itu memeng hebat tapi sekarang setelah repormasi semua hambar yang jaya sekarang adalah pejabat ,dan komandan yang namanya kopassus walau pun dah tugas dimana mana kalau membuat kesalahan ya ……..semua itu tak ada guna jg dulu bangga menjadi tentara tak ada pembelaan komandan cuma jd anjing aja dibuat

  98. 100

    imam said,

    kt sekarang pakai wing penembak jitu ,tah pun tetek bengek itu cuma merusak baju aja lihat pejabat cuma duduk manis aja udah dapat duit kalau tentara (tamtama,bintara ) jadi kain lap kasihan sy melihat tentara ini polisi yang sekarang menjadi kesayayangan karna anggaran untuk TNI sedikit yang cepat kaya adalah komandan mana ada komandan memikirkan kesejahtraan anggota mereka cuma ngoong jorok aja .kasihan kopassus latihan matimatian tapi apa yang ada cuma makian dan caci maki .kopassus tidak jaya

  99. 101

    aya said,

    kopassus.. never give up n keep spirit

  100. 102

    untuk seseorang yg dah pernah mengisi lubuk hati ini,
    terima kasih untuk :

    Artii KEHIDUPAN yang telah kau ajarkan………….

    rasa sakit, pedih, tangis dan air mata ini terasa indah jika ku ingat segala ucapanmu. Semoga bahagia selalu menyertai mu……..

  101. 103

    yonan said,

    KOMANDO menempuh segala derita….
    musuh yg dtg lari tunggang langgang…
    takut d sebu para komando………
    tp lbh baik…… pulang nama drpada GAGAL dmedan tugas…….
    CARI,,,,DEKATI,,,,,, DAN HANCURKAN!!!!!!!!!!

  102. 104

    yonan said,

    KOMANDO…………. KOMANDO ………………….
    LBH BAIK PLNG NAMA DRPADA GAGAL D MEDAN TUGAS….
    TP LBH BAIK LG SLMT DUNIA DAN AKHERAT….AMIIIIIIIIIIIIN

  103. 105

    iqbal said,

    1.Apa sih syarat masuk kopassus??
    2.apa sama ketika mau masuk kepolisian(mengeluarkan uang)?
    3.berat mana latihan kopasus sama kepolisian n TNI??

    thanks…

  104. 106

    erwin said,

    saya bangga pada tni di Indonesia.
    saya berfikir kelak saya akan meneruskan pengabdian tni.tujuan saya sekolah di SMK K-AL di surabaya,tepatnya di daerah kodikal ingin menjadi seorang TNI yang slalu mengabdi kepada NKRI.
    do’a kan saya ya!agar tercapai cita-cita saya

    thank’s all

  105. 107

    Jeffri. said,

    Salam Komando..!!!

    sy bangga memiliki kopassus.
    tlg ksi info ttg kberadan aggota kopassus yg tgs di merauke th.2007.
    sy rindu brtmu. Mksh.

  106. 108

    donaemons said,

    pak gimana caranya tuk ikut dalam KOPASSUS sedang saya masih kelas 3 sma apakah setelah saya lulus nanti saya bisa langsung masuk ke angkatan militer KOPASSUS?

  107. 109

    arief said,

    musuh dari luar jelas nampak dan gampang menghadapinya, tetai yang harus lebih diwaspadai oleh kopassus yaitu musuh dalam selimut yang sering menyebabkan disintegritas bangsa.

  108. 110

    The jo ! said,

    KOMANDO…
    I love u all

  109. 111

    The jo ! said,

    KOMANDO…
    I love u all…

  110. 112

    Berce said,

    Komando…….!
    Saya salut dan bangga dengan yang namanya Kopassus,akhir2 ini hampir semua pasukan elite di indonesia mulai pada ikut2 an seperti kopassus dari mengenai seragam,sepatu dan lain-lain.dari cara berpakaiandllllll.
    marinir aza ngikut2an sepatu

  111. 113

    karebet said,

    Salut pokoknya

  112. 114

    ariesta said,

    kelak saya masuk kopasus

  113. 115

    habelino said,

    salam dari papua. habelino

  114. 116

    johanes said,

    aku kagum bgt ma kopassus. ku ingin jadi salah satu dari mereka.

    tolong perbanyak jumlah peserta kopassus. agar saya lebih mudah masuk menjadi capassus.

  115. 117

    sari dewi said,

    saya bangga menjadi istri dari seorang prajurit KOPASSUS yang saat ini sedang bertugas di Lebanon, we always love u and miss u so much, Good luck and bravo yon 23 Grup 2 Kopassus.

  116. 118

    bond said,

    itu ada yg kurang dan ada yg harus di ralat!den 81 GULTOR kan senjata nya di raha siain kok di situ di tulis jangan ” ngaco’ kali…!he he trus tulis juga dong klo kopassus itu menempati urutan nomor 3 di dunia !!! oke

  117. 119

    Fahrizal F Umarila said,

    Terima kasih sudah mempublikasikan info tentang kopassus disini.
    Saya bangga sebagai anak seorang anggota kopassus dan juga warga negara indonesia dengan adanya kopassus ini.

    semoga kedepanx kopassus tetap minim publikasi,karena sampai sekarang dunia luar hanya mengetahui sedkit tentang pasukan khusus baret merah milik negara kita ini..

    Salam Fahrizal.

  118. 120

    era said,

    Saya ingin mengajukan pertanyaan bukan mengungkapkan pendapat
    1. Kapan pendaftaran kopassus di buka
    2. Apakah bisa menjadi kopassus melalui sepa wamil

    Tolong jawab pertanyaannya di email saya. Trimss

  119. 121

    Metania said,

    KOMANDO…………….!!!!!!!!!!!!!!

    BERANI……….BENAR…………….BERHASIL.

    Kopassus emang layak n patut di banggakan………
    Q pernah kenal sama anak kopassus tapi gak tw sekarang dia menghilang ke mana..tapi……..,nyantai aja… !!!
    Moga moga kopassus tetap terus menjaga NKRI,,,,,,,,,Selamanya.!!1

    Bravo kOPASSUS……….!!!

  120. 122

    reza bachtiar said,

    saya ingin sekali menjadi tentara…..

    SAYA INGIN SEKALI MENJADI TENTARA!!!

  121. 123

    wira setya said,

    salam komando!!!,

    Mas,tulisannya mohon diedit karena sesuai sk KSAD tahun 2004,kopassus telah direstrukturisasi menjadi 3 (tiga) grup ,1 (satu) satuan dan 1 (satu) pusat pendidikan yaitu grup 1/parako,grup 2/parako,grup 3/sandhi yudha,sat 81/gultor dan Pusdik Passus. Sebelumnya memang 5 grup dimana sebelumnya sat 81 adalah grup 5, pusdik passus grup 3 dan sandhi yudha di grup 4. Pada dasarnya prajurit kopassus memiliki kemampuan-kemampuan khusus melebihi prajurit TNI laiinya yaitu, clandestine operation skill (keahlian perang tertutup/rahasia),open combat skill (keahlian perang terbuka),combat intelligence skill (keahlian intel tempur),variative infiltration method skill (keahlian operasi di segala medan) dan indivudual survival skill (keahlian individual untuk bertahan hidup)

  122. 124

    antonius said,

    tolong kopassus lebih disejaterahkan lagi, jgn sampai jadi korban seperti anggota kopassus yang tewas tertembak saat mengawal bos assaba group, HIDUP KOPASSUS. KOMANDO!!!!!!

  123. 125

    Ijjhon Djambi said,

    KOMANDOO…..

    bagi sdra2 yang punya foto, profile atau video/film mengenai pasukan khusus berbagi dongk dengan ku

    trim’s

  124. 126

    adank said,

    kita harus bangga punya pasukan elit nomer 3 di dunia berarti kemampuan kopassus patut di perhitungkan. Jaya terus KOPASSUS

  125. 127

    Mulyono APMD said,

    Saya bangga dengan Kopassus kita, Jaga terus NKRI sampai titik darah penghabisan, mohon tingkatkan operasi di daerah titik rawan, terutama perbatasan dengan negara lain, bereaksi dengan keras dan tegas dong apabila tanah kita diambil negara lain walau sejengkalpun, saya dukung Kopassus, sebagai kebanggan pasukan elite kita. Salam

  126. 128

    Terus berlatih KOPASSUS amankan Negara, Berantas Teroris dan Pengacau keamanan.

    BRAVO KOPASSUS

  127. 129

    SAYA SANGAT BANGGA SEKALI DENGAN KOPASSUS YANG SELALU MEMBELA BANGSA KITA TERCINTA,,,,,,,,,,,,,
    Sya juga ingin menjadi bagian dari kopassus,tapi saya masih fokus dengan UN dulu.
    doakan saya supaya lulus un.amin
    supaya bisa bergabung dengan kopassus,untuk membela NKRI.

  128. 130

    Willy Wungo said,

    Salam Komando dan salam kenal.
    saya senang sekali karena ada blog dari Kopassus, sehingga berita2 serta informasi2 tentang kps dapat ditemukan pembaca di sini.
    Silahkan kunjungi juga blog saya : willycw.wordpress.com.

  129. 131

    Teguh Iman S. said,

    Kebetulan saya tinggal di Cijantung & pernah tinggal di asrama KOPASSUS, saya sering melihat para tentara sedang dilatih dan saya sangat bangga melihat mereka BERANI BENAR BERHASIL” BETTER DIE THEN FAILED ON DUTY “

  130. 132

    Sirek said,

    Aku sangat bangga menjadi Prajurit Komando Pasukn Khusus

  131. 133

    Sirek said,

    Aku sangat bangga menjadi Prajurit Komando Pasukan Khusus.
    How about you….???

  132. 134

    anda said,

    T O P

  133. 135

    RIO FERDIAN said,

    HAAAAAI. . . .,mau tanya kenapa kopasus pernah tembak-tembak ga ama brimob,aku sering mendengar kopasus.kopasusssssss trzzzzzzzzz majuuuuuu panttttaaaaaaaaa menyeraaaaaaaaaaaaaaah ya aaaaa

  134. 136

    ferdiansyah said,

    kami sebagai anak putra-putri tni bangga akan prestasi yang telah dicapai oleh kopassus.aku berjanji akan selalu mengabdi pada bangsaku….
    jaya terus TNI..

  135. 137

    [...] : asramfkguh02 Posted in Catatan Kecil. No Comments [...]

  136. 138

    Trie widodo said,

    salam komando…!!!

    kopassus, memang yang terbaik. tapi lihatlah berbagai kejadian yang mencoreng kehormatan para tentara khususnya kopasus. banyak cerca serta ketakutan bukan sanjungan yang didapat karna banyak dari anggota korps kpassus yang melanggar displin tugas, contoh yang ada menjadi centeng para leasing dan finance. serta penggungkapan kasus dan fakta tentang operasi kopassus yang ada jatuh korban. banyak cerita yang tak terungkap dan harus diketahui publik agar terciptanya realita bahwa tugas yang diemban kopassus amat berat. hingga berbagai peristiwa yang ada dan melibatkan korps kopassus dapat diketahui halayak ramai..

    semboyan semangat dalam jiwaku satu, menjaga keutuhan NKRI demi agama dan ibu pertiwi.
    lebih baik pulang tinggal nama dari pada gagal dimedan laga.!!!
    Bravo buat juga buat Korps Rider, gultor dan Densus 88…!!

    buat siapa ja yang punya video yang berhubungan dengan pasukan elit indonesia tolong share ma aku ya..

    ni alamat email aku,

    Triks_35@yahoo.com

  137. 139

    didi said,

    keren abissssssssssss,hebat KOPASSUS, padahal papaku kopassusus. tapi aku tdk tau banyak.soalnya aku jarang ngobrol yg begituan… karena kami jarang ketemu. papa sekolah n latihan melulu……………

  138. 140

    ahmad said,

    apabila sudah masuk jd TNI AD,, agar dapat masuk korps kopassus syaratnya ap? apakah meliputi syarat tinggi, kesahtan, dll. tLg Yg tau beri infonya ke almat email sy,,
    Terima kasih (hcvd_r@yahoo.com)

  139. 141

    dimas said,

    jangan sampe jadi alat perebut kekuasaan

  140. 142

    mazri said,

    tak de maknanya memiliki pasukan komando yang yang diagung agung kan kuat tapi penuh kontraversi..rasuah…pembunuhan kejam rakyat tim tim…lihat pasukan khusus malaysia…tiada siapa yang tahu..lebih baik diam diam tapi berisi..takde makna nye di sanjung tapi tulang reput…

  141. 143

    prabu said,

    KOMANDO!!!!!!……SAYA BANGGA DENGAN KOMANDO PASUKAN KHUSUS INDONESIA…..JAYA DAN TETPA JAYA.

  142. 144

    joko prayitno said,

    saya bercita cita menjadi seorang anggota baret merah karena kakak saya juga menjadi kopassus,saya bangga sekali jika cita cita saya tercapai.TOP baget lah buat baret merah..

  143. 145

    samsu rizal said,

    sebagai warga negara Replubik Indonesia saya merasa bangga jika ada pasukan khusus yang seperti ini..mudah-mudahan pasukan ini bisa menjadi tempat kami bersandar dan berlindung dari ancaman siapapun terlebih lagi ancaman teroris

  144. 146

    Heru said,

    saya bangga kepada anggota tni utamanya yang terpilih jadi anggota pasukan khusus, mudah-mudahan kalian semua bisa menjaga keutuhan NKRI… Saya juga sangat ingin menjadi prajurit TNI utamanya prajurit KOSTRAD/ RAIDER.. saya sudah sering mengikuti seleksi penerimaan prajurit TNI AD tapi saya tidak pernah lulus… mungkin nasib masih berkata lain. buat teman-teman yang sudah terikat dinas dengan TNI AD tolong jangan pernah berbuat kesalahan yang dapat merusak/ mencoreng nama baik Batalyon/ citra TNI AD.. CEPAT TEPAT SENYAP

  145. 147

    jack_bz said,

    Jaya terus Kopassus unt selama lamanya, sampai ibu pertiwi menutup mata, Kopassus memang Pasukan andalan yg serba bisa sudah terbukti dengan pengalaman2 byk x menorehkan keberhasilan yg sangat membanggakan yg merupakan kebanggaan Negara Republik Indonesia,, engkaulah Pasukan Komando yg sangat tangguh tunjukkan lah jati dirimu yg sebenarnya dalam memerangi terorisme di Negara RI ini jangan sampai urusan terorisme di ambil alih oleh yg lain krn mareka bukan dunianya, Seperti Delta Force USA urusan terorisme wajib turun tangan baik gejolak teroris di dalam negeri maupun di luar negeri seperti halnya juga di Negara RI ini tanggung jawab masalah terorisme wajib serahkan ke pada ahlinya Pasukan yg benar benar mampu dan handal bidangnya seperti Sat 81 Gultor Kopassus.

    Komando…!!!

  146. 148

    youzha said,

    dari kecil saya sangat mengagumii kopassus,saya fans berat,,,,thankz buat infonya,,
    i LOVED KOMANDO kopassus

  147. 149

    dwi erlangga said,

    lebih kuat mana kopasus dgn delta force nya amrik?

  148. 150

    ahmadi said,

    Kamu-kamu semua adalah garda bangsa terdepan dan terakhir.
    Awalmu berat demikian pula akhir yang akan kau tempuh.
    Kami bangga memilikimu.

  149. 151

    ilham said,

    saya sebagai seorang Taruna Akmil sangat bangga bahwa negara kita mempunyai Pasukan khusus seperti Kopassus…………….. saya sangat bercita- cita menjadi seorang Perwira Kopassus………. ANDA RAGU- RAGU LEBIH BAIK KEMBALI…. KOMANDO!!!!

  150. 152

    Dany pratama s said,

    Mohon ijin memberi saran
    KOPASSUS untuk ikut berkecimpung memberantas aksi teroris yg ada d negri tercinta INDONESIA
    JAYA SELALU Korps baret merah

  151. 153

    bekka plond said,

    mari kita gunakan pasukan kopassus dalam memberantas terorisme ,bukan densus 88 yang masih perlu banyak belajar

  152. 154

    dimaskopassus said,

    yg jelas kopassus dong!!!!! densus 88???? bubarin aza.ngrebek tukang kembang aja sampe 18 jam.bisa jamuran tuh…..

  153. 155

    menurut saya indonesia cukup mempunyai satu pasukan khusus saja. pasukan ini menguasai semua matra. jadi lebih fokus. coba lihat sekarang, AD, AL, AU bahkan kepolisian memiliki pasukan khusus. yang akan timbul malah kesombongan akan satuannya masing2 dan ujung2nya malah pada bentrok. lebih baik membentuk pasukan khusus yang personilnya diambil dari orang2 terbaik di AD, AL, AU dan kepolisian dan mereka dilatih disegala bidang(matra). jadi personil pasukan khusus akan lebih sedikit dan latihan mereka akan lebih fokus, juga semua angkatan akan merasa dihargai karena anggotanya ikut bergabung dalam pasukan khusus tersebut. hidup pasukan khusus indonesia.

  154. 156

    yuri fadhli said,

    bagaimana caranya untu menjadi seorang prajurit tni yaitu kopasus


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: