Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI

Sapta Marga :

1. Kami Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersendikan Pancasila.

2. Kami Patriot Indonesia, pendukung serta pembela Ideologi Negara yang bertanggung jawab dan tidak mengenal menyerah.

3. Kami Kesatria Indonesia, yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta membela kejujuran, kebenaran dan keadilan.

4. Kami Prajurit Tentara Nasional Indonesia, adalah Bhayangkari Negara dan Bangsa Indonesia.

5. Kami Prajurit Tentara Nasional Indonesia, memegang teguh disiplin, patuh dan taat kepada pimpinan serta menjunjung tinggi sikap dan kehormatan Prajurit.

6. Kami Prajurit Tentara Nasional Indonesia, mengutamakan keperwiraan di dalam melaksanakan tugas, serta senantiasa siap sedia berbakti kepada Negara dan Bangsa.

7. Kami Prajurit Tentara Nasional Indonesia, setia dan menepati janji serta Sumpah Prajurit.

Sumpah Prajurit :

Demi Allah saya bersumpah / berjanji :

1. Bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

2. Bahwa saya akan tunduk kepada hukum dan memegang teguh disiplin keprajuritan.

3. Bahwa saya akan taat kepada atasan dengan tidak membantah perintah atau putusan.

4. Bahwa saya akan menjalankan segala kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab kepada Tentara dan Negara Republik Indonesia.

5. Bahwa saya akan memegang segala rahasia Tentara sekeras-kerasnya.

Delapan Wajib TNI :

Demi Allah saya bersumpah / berjanji :

1. Bersikap ramah tamah terhadap rakyat.

2. Bersikap sopan santun terhadap rakyat.

3. Menjunjung tinggi kehormatan wanita.

4. Menjaga kehormatan diri di muka umum.

5. Senantiasa menjadi contoh dalam sikap dan kesederhanaannya.

6. Tidak sekali-kali merugikan rakyat.

7. Tidak sekali-kali menakuti dan menyakiti hati rakyat.

8. Menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

About these ads

13 Tanggapan so far »

  1. 1

    unknown said,

    saya kurang setuju dengan sapta marga yg ke-6 dan sumpah prajurit yg ke-3, karena, mengandung kepentingan atasan saja dan kurang melihat ke bawah.

  2. 2

    ayu satiti said,

    ya semoga itu gak cuma janji aja…semangat buat TNI…NKRI harga mata..sip sip

  3. 3

    Wonder Women said,

    Saya bangga dengan motto-motto dari masing-masing TNI.
    Hebat sekali tahu dan mengucapkan Sumpah yang ada.
    Tapi yang buat Saya patah hati dan kecewa sering terdengar cerita dan pernah merasa:
    1.Telah melanggar SAPTA MARGA ke 3 dan 7.
    2.Tidak menepati Sumpah Prajurit ke 4.
    3.Tidak melaksanakan 8 Wajib TNI yang ke 3.

    Bagi yang merasa,BERTOBATLAH!!
    Bagi yang tidak merasa melakukan,,GOOD…
    Pegang dan laksanakanlah dgn baik,SUMPAH PRAJURIT,SAPTA MARGA dan 8 Wajib TNI yang selalu mendampingi hidumu.

    Sukses slalu untuk TNI.
    Doaku menyertaimu.
    Walau Kau jauh di sana,,cintaku tetap untukmu.

    Terima Kasih.

  4. 4

    AYOO…SEMANGAT TERUS TNI INDONESIA DALAM MENJALANKAN SEGALA TUGAS-TUGAS
    Semoga TNI indonesia tetap berpegang teguh terhadap semau janji-janji yang telah ditetapkan dan dapat mangayomi masyarakat dalam setiap tugas-tugasnya.trims by agustiawan 085650888028 WIKA

  5. 5

    maleo said,

    untuk sodara yang memberikan komen paling atas, ketidak setujuan sodara ada jawabannya, berlakunya ketaatan kepada atasan serta mengutamakan keperwiraan dikarenakan struktur organisasi yang ada didalam militer mengutamakan garis komando yang sangat jelas. sehingga akibatnya pertanggungjawaban yang ada didalam kedinasanpun ialah pertanggungjawaban komando. oleh sebab itu kepatuhan serta ketaatan terhadap atasan dalam militer merupakan suatu keharusan demi keberlangsungan tugas, yang dimana didukung oleh suatu kedisiplinan tinggi, yang jelas mempunyai perbedaan dengan disiplin yang dimiliki oleh sipil.

  6. 6

    riez said,

    TNI berasalkan dari rakyat, TNI menjaga keutuhan wilayah bangsa indonesia, memegang teguh UUD dan Pancasila untuk tercapainya dan tegaknya Kedaulatan Rakyat. ketika TNI didefinisikan sebagai alat pertahanan Negara. TNI tidak lagi menjalankan sapta marganya segara keutuhan.

  7. 7

    Robby Pattikawa said,

    Saya sebagai Warga Negara, merasa bangga dengan Motto TNI yang selalu Mengawal, Menjaga & Melindungi wilayah NKRI… Jangan kalah dengan negara tetangga kita. MAJU TERUUUSSS!!! MUSNAHKAN MUSUH KITA….!!!! Ingat!!! NKRI, HARGA MATI….!!!!!

  8. 8

    han-han said,

    cwokq d akmil ngasih aq saptamarga n0 7
    smga dia tpati..

  9. 9

    sanshine said,

    yup…good but berat banget…….kalo atasannya salah gimana dong?perintah begitukah;;;;;;;;;;;;;; kalo ikhlas mah jadi amal kalo gak pcuma makan ati atuh.Kalo gt jd tni mang rus sabar ya apalagi pangkat paling kecil……………….kalo merasa tertekan gmana,,,,but itu pilihan sooooo…..gud luck,……..

  10. 10

    Nur Fadlilatis Sa'adah said,

    2 thumbs up 4 prajurit yang mau mengucapkan dan mampu mewujudkan seluruh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 wajib TNi. Aku bangga bgt ma mereka! go ahead!

  11. 11

    pakdepurwo said,

    sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib harus diamandemen/reformasi dengan tema: 1) menjaga konstitusi;
    2) mematuhi/mentaati perintah komando;
    3) berpikir, bersikap, bertindak, bertanggungjawab secara frofesional

  12. 12

    FREDY RIZKI M said,

    SAYA BANGGA MENJADI BAGIAN TNI,SAYA HANYA MEMOHON TINGKATKAN KESEJAHTERAAN KAMI

  13. 13

    asramfkguh02 said,

    Hei……. Itulah kami sebagai prajurit bung….. Jgn pernah usik kami punya sumpah prajurit…. kalau kamu tidak tahu menahu tentang itu……..


Comment RSS · TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: