Air Soft Gun-1

Beberapa pemain dalam permainan airsoft.

Airsoft adalah sebuah olahraga atau permainan yang mensimulasikan kegiatan militer atau kepolisian, yang menggunakan replika senjata api asli yang disebut airsoft gun.

Permainan airsoft awalnya dimulai di Jepang pada tahun 1970-an, dimana senjata api asli sangat sulit atau tidak mungkin untuk didapatkan karena ketatnya peraturan, kemudian para pencinta senjata lalu mencari alternatif yang legal untuk melakukan hobi mereka. Dan sekarang kegiatan airsoft paling populer di Jepang, Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, Macau, Korea Selatan, dan juga menyebar ke Filipina dan Indonesia

.

Permainan airsoft juga sudah mulai populer in Amerika Utara dan Eropa, khususnya di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Austria, Swiss, Perancis, Spanyol, Polandia, Portugal, Swedia, Finlandia, Norwegia, Italia, Belgia (yang didatangi pemain dari Belanda karena di negara mereka airsoft ilegal), Denmark, dan Chili, dan semakin menyebar didukung dengan komunitas internet yang aktif.

Daftar isi

1 Peralatan

1.1 Senjata airsoft

1.2 Peluru airsoft

1.3 Alat pengaman

1.4 Pakaian militer

Peralatan

Senjata airsoft

Senjata airsoft atau airsoft gun, merupakan replika dari senjata api asli, yang biasanya berukuran satu banding satu. Senjata airsoft dibagi menjadi tiga jenis utama: spring (per), elektrik, dan gas. Pada jenis spring, peluru ditembakan oleh per, dan harus dikokang setiap sebelum menembak. Pada jenis elektrik, senjata menggunakan motor dan dinamo elektrik yang dinyalakan menggunakan baterai. Dan pada jenis gas, peluru ditembakkan oleh gas tekanan tinggi, gas ini biasanya berupa campuran propana dan polysiloxane.

Peluru airsoft

Peluru yang dipergunakan berbentuk bulat dan biasa disebut BB (ball bearing). Ukuran butiran ini berdiameter 6 mm dengan berat bervariasi dari 0.12 gram sampai 0.25 gram. Ada beberapa ukuran khusus peluru berukuran tersebut mencapai berat 0.80 gram. Untuk yang terakhir ini umumnya tergolong airsoft yang penggunaaannya diawasi secara khusus, walaupun sangat jarang ditemui.

Alat pengaman

Pemain airsoft memainkan skenario Perang Dunia II dengan peralatan lengkap: seragam militer, senjata, dan kacamata pelindung.

Karena permainan ini umumnya melibatkan saling tembak antar pesertanya, maka peralatan untuk melindungi anggota tubuh sangat diperlukan. Peluru senjata airsoft ditembakkan pada kecepatan 200-400 kaki per detik (feet per second, fps), dan bila terkena mata dapat membutakan. Peralatan pertama yang sangat penting adalah pelindung mata dan wajah. Para peserta permainan harus melengkapi diri mereka dengan kacamata pelindung (goggle) atau topeng khusus. Pakaian yang dipakai biasanya juga tebal agar mengurangi cedera atau rasa sakit.

Pakaian militer

Permainan ini adalah simulasi militer atau kepolisian, maka para peserta juga berusaha untuk berpakaian dengan gaya militer. Pakaian yang lazim dipakai adalah replika seragam satuan militer suatu negara, lengkap dengan loreng kamuflasenya. Selain pakaian, perlengkapan lain seperti rompi, helm, sepatu boot, dan sarung tangan juga diusahakan mirip dengan yang dipakai oleh militer dan kepolisian.

Iklan

9 Tanggapan so far »

  1. 1

    bentet said,

    lam kenal….
    mo numpang nanya ni….yg jual airsoft gun yg mutakhir di jkt dmn ya???

  2. 2

    reviandi said,

    Wah, enak juga nih kalau mainnya, bareng musuh beneran….. he he he, bisa ngilangin sakit hati….

  3. 3

    sigit said,

    aq pengen beli air soft gun(jgn yg buat ank2,min 250fps lah),model shotgun,gigle/pistol,vamas,sp aj yg tw t4nya langsung hub aq
    085640006744
    mksih

  4. 4

    sigit said,

    aq pengen beli air soft gun di semarang(jgn yg buat ank2,min 250fps lah),model shotgun,gigle/pistol,vamas,sp aj yg tw t4nya langsung hub aq
    085640006744
    mksih

  5. 5

    Julian said,

    Ane seneng bener, karena skirmish itu salah satu hobby ane.
    Juga bikin banyak temen.
    Juga inget ama yg punya AEG hati2 ye, kalo FPS nte kuenceng jngn asal ngeshoot
    ntar bisa berabe anak orang.
    KIta kan nyari kawan bukan nyari lawan.
    Oke deh….. salam hangat aje.

  6. 6

    ficka said,

    lam knal q pingin beli airsoft gun yang 250 fps yang buatan cina aja
    di daerah banyuwangi ada yang jual g ya….

    kalo tau hub 085232659270

  7. 7

    opix said,

    mau mae airsoftgun di bandung di LHI Jaya Giri (Lokasi Tangkuban Perahu)

  8. 8

    Agus Ramadona said,

    mas..aku sbenernya dari dulu pengen jadi tentara..cuman karena kondisi pisik yang ga memungkinkan jadi ga bisa…sekarang malah kerja jadi orang IT, cuman skarang aku suka ngoleksi senjata maenan..dan berburu atribut militer bekas di loakan, kbanyakan bekas tentara singapore…mengenai Air Soft Gun..kepemilikannya sndiri ada yg bilang kalo ktauan ma polisi bisa di sita itu barang..saat ini aku punya 2 unit handgun jenis spring..rencana mo beli jenis rifle M4 atau M16 buat olah raga sama temen-temen..bukan buat pamer..ada link ga kalo di pekanbaru Riau yg jual?

  9. 9

    kebhoganteng said,

    bos kalo cari airsoft kontak aja yah siap kirim dengan harga bersaing hehehe

    ym : wimbotn
    081802634830
    http://kebhoganteng.wordpress.com


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: