Info Penerimaan Perwira Penerbang TNI

TENTARA NASIONAL INDONESIA

Memberi Kesempatan Kepada Generasi Muda

Lulusan SMA/SMU/Madrasah Aliyah

Untuk Dididik Menjadi Perwira Penerbang TNI

 


PERSYARATAN

1. Warga Negara Indonesia Pria, bukan Prajurit TNI/Polri dan PNS.

2. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945.

4. Umur 18 tahun sampai dengan 22 tahun (dihitung pada saat pembukaan pendidikan).

5. Harus ada persetujuan dari orang tua/wali.

6. Tinggi badan minimal 163 cm dan panjang kaki minimal 100 Cm.

7. Sehat jasmani, rohani, bebas narkoba dan tidak berkaca mata.

8. Lulus dan berijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) jurusan A1/A2/IPA dengan rata-rata Nilai Akhir

Ujian Nasional untuk lulusan tahun 2007, 2006, 2005 dan 2004 minimal 6,5 dan tidak ada nilai kurang dari 6.

Lulusan tahun 2003 NEM minimal 39,2.

9. Berkelakuan baik dan tidak kehilangan hak untuk menjadi Prajurit TNI, dinyatakan dengan Surat Keterangan

dari Kepolisian setempat.

10. Belum pernah nikah dan sanggup untuk tidak menikah, selama mengikuti Dikma.

11. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) Keprajuritan sekurang-kurangnya lima tahun dan selama-

lamanya 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai diangkat sebagai Letnan Dua, selanjutnya apabila ingin tetap

berkarier di lingkungan TNI dapat mengajukan permohonan untuk diangkat menjadi Perwira Prajurit Karier

dan diberi pangkat yang sama dengan pangkat terakhir.

12. Bagi karyawan harus mendapat persetujuan dan sanggup membuat pernyataan diberhentikan dengan hormat

dari pimpinan instansi yang bersangkutan bila lulus seleksi dan masuk pendidikan pertama TNI.

13. Lulus pemeriksaan dan pengujian yang meliputi :

a. Postur dan lahiriah.

b. Administrasi.

c. Kesehatan.

d. Kemampuan Jasmani.

e. Psikologi.

f. Mental Ideologi.

g. Test Bakat terbang.

h. Akademik, untuk lulusan :

1) SMA/MA jurusan A1/A2 : PPKN, Bahasa Inggris, Fisika dan Matematika.

2) SMU/MA jurusan IPA : PPKN, Bahasa Inggris, Fisika dan Matematika.

WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN

Waktu pendaftaran Mei sampai dengan Juni tahun 2007.

Tempat-tempat pendaftaran: di Ajendam/Ajenrem /Makodim/Lantamal/Lanal/Lanud

Selama proses penerimaan tidak dipungut biaya. Penjelasan lebih rinci dapat ditanyakan di tempat pendaftaran (Panitia Daerah ditiap Provinsi) atau website www.tni.mil.id, email : sperstni@gmail.com

 

 

10 Tanggapan so far »

  1. 1

    saya mau tanya, apakah saya masih bisa diterima di perwira karier TNI-AU, karena dulu saya pernah daftar karbol AAU Tahun anggaran 2004 dengan nomor pendaftaran 144 di lanud iswahjudi dengan alasan kesehatan masih kurang. Padahal saya ceck up sampai 2 kali dalam 2 bulan untuk mastiin kalau kesehatan saya tidak bermasalah. Saya memang ingin menjadi penerbang tempur, dulu saya lulusan SMK PENERBANGAN ANGKASA LANUD ISWAHJUDI TAHUN 2004. Mohon jawabanya kepada KASAU. Sekarang saya kuliah dijurusan Teknik Informatika semester 3 di UPN VETERAN JAKARTA SELATAN.

  2. 2

    Ade ryandhono said,

    hari ini saya sudah mandaftarkan diri dan sudah mendapat nomor peserta. tapi disana saya diminta uang sebesar Rp.20.000 padahal saya sudah mempersiapkan foto diri dari rumah. apakah itu sebuah kewajiban atau bukan?

  3. 3

    chairunnas said,

    Setelah selesai S1 apakah saya dapat diterima menjadi perwira karier penerbang

  4. 4

    harry osborn said,

    tahun 2004 saya daftar karbol AAU di lanud iswahjudi no 054, setelah mengikuti sekian tes, saya mengundurkan diri. terus terang saja saya dari keluarga pas-pasan. saya berminat karene di situ tertulis “TIDAK DIPUNGUT BIAYA”. sayang beribu sayang, kenyataannya sungguh mengecewakan. ternyata setiap kali tes harus bayar ini, bayar itu, emang gak ada anggaran to buat penerimaan calon TNI AU?? padahal uang yang saya pakai buat tes itu adalah hasil saya NGAMEN. setelah saya pikir bayar-bayar terus, dengan berat hati saya besok dan seterusnya tidak ikut tes lagi. sekarang saya bekerja di warnet di kota tak jauh dari lanud iwj.

  5. 5

    ass. saya bercita-cita jadi penerbang namun tidak ada biyaya.pak bagaimana solusinya?setiap pesawat latih lewat diatas rumah saya slalu bilang :kapan saya bisa seperti itu???????ya???saya orang bantul saya baru saja lulus smk tahun ini.saya pernah buat miniatur pesawat dari dinamo dan bateray bisa jalan namun tidak bisa terbang mungkin kurang seimbang ya pak??tolong balas di e-email saya bagaimana citacita saya bisa terwujud terimakasih””””

  6. 6

    mUktiE said,

    camEkum…
    aq cm pingin ksiH drOngn mOriL buad para caPa/caTar iang maU dFtr kL uang nTu bkn sgLny krn kEyknan n’ ush mEmbuahkn kEhidUpn iang smpUrna,,kya dEjavU dr mimpi qt,,
    camEkum

  7. 7

    Danang said,

    Q alumni smkpa thn 2007 q kmren ikutan daftar karbol TA 2008 tp ndak di lanud iwj q daftar di lanud BPP gt kmaren uda 2x q ikutan tp y gni dh gk bisa msuk jg ktanya sih tulang belakang q bengkok tp ya udah lah mungkin emg bkan rjeki q

  8. 8

    Muhammad Rofi'i said,

    teman2, kapan ya wong cilik bisa masuk TNI. habiz mau masuk TNI biayan

  9. 10

    istanto said,

    alqmdllh saya sudah sukes dn masuk tni au.saya almuni smkp th 2001.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

