5 hari, Mahasiswa FKG UNHAS Segel Kampus dan Klinik Gigi Kandea

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam keluarga mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) menyegel kampus dan RS Gigi dan Mulut (RSGM) Kandea, Kamis (6/9).Aksi segel ini merupakan rangkaian aksi demonstrasi mahasiswa di halaman RSGM Kandea FKG Unhas, Jl Kandea No 5, Makassar.

Aksi ini merupakan aksi terbesar mahasiswa FKG selama fakultas tersebut berdiri dan melakukan aksi pembakaran baju praktik (coass) milik mahasiswa angkatan 1991 lalu.

Beberapa mahasiswa melakukan orasi. Mereka mengkritisi sistem pendidikan FKG Unhas yang tidak layak karena fasilitas yang tersedia di klinik tidak mampu mengakomodir seluruh mahasiswa. Kondisi tersebut membuat sebagian besar mahasiswa terpaksa diliburkan.
Mahasiswa juga mengkritisi banyaknya jumlah kasus seperti waktu responsi dan ujian terlalu lama, standar penilaian kasus, nilai yang kerap ditunda, serta jadwal datang dan pulang dosen yang tidak jelas. Bahkan, hingga tahun ini masih terdapat mahasiswa profesi angkatan 1991, dikarenakan crash program bagi mereka tidak berjalan semestinya.
“Beberapa mahasiswa yang keluar dari sini banyak mengalami gangguan kejiwaan dan emosional karena iklim perkuliahan yang kurang nyaman bagi mahasiswa akibat kekerasan psikis oknum dosen,” kata salah seorang orator.
Ketua lembaga di FKG Unhas bersatu dan mengeluarkan tiga tuntutan, yaitu pemberlakuan sistem penilaian terhadap profesionalitas dosen secara komprehensif, perbaikan sistem pendidikan dokter gigi di FKG Unhas, serta penambahan sarana dan prasarana FKG Unhas.
Setelah membacakan tiga tuntutan, mahasiswa membubuhkan tanda tangan di sepanjang kain putih yang mereka pasang di depan RSGM Kandea. Mereka melakukan penyegelan RSGM Kandea sebagai tanda perlawanan hingga tuntutan mereka tercapai.

Mahasiswa Tersinggung
Aksi demonstrasi yang melibatkan seluruh mahasiswa dan profesi FKG Unhas, Kamis kemarin, berawal dari ketersinggungan salah seorang mahasiswa profesi angkatan 2000, A Suryadharma.
Ia dikeluarkan dari ruangan ketika proses praktik sedang berjalan, Kamis (30/8) lalu, oleh seorang dosen di bagian bedah mulut.
Ketua Dewan Mahasiswa Profesi (DMP) FKG Unhas, mengatakan, hal itu akhirnya terakumulasi dengan semua permasalahan yang ada di semua bagian. Utamanya di bagian bedah mulut dan menjadi pemicu mahasiswa melakukan perlawanan.

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    ratri said,

    mas, mau tanya.
    Kalo ngeliat foto-foto yang ada kayanya rusuh bangte.
    Saudara saya Muh.Najib masuk tahun 1993 tapi sampai sekarang belum lulus juga.
    punya info tentang dia ngga?
    kalo ada info tolong kasih tau ya

    thanks
    ratri

  2. 2

    ratri said,

    tes-tes


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: