La Tahzan : Jangan Bersedih!!

Sebuah karya fenomenal dari DR. ‘Aidh Al-Qarni, tentang petunjuk cara hidup (self help) yang mengajak kita untuk menikmati hidup dan mengubur dalam-dalam perasaan sedih dan cemas. Berbeda dengan buku-buku self help ala chicken soup, La Tahzan tidak hanya menekankan untuk meraih kebahagiaan duniawi saja tetapi juga ukhrawi. Buku ini terasa semakin mantap karena ditulis tidak hanya berdasarkan penalaran dan pengalaman Al-Qarni sendiri, tetapi juga mengambil pelajaran-pelajaran dari Al-Qur’an serta syair-syair yang menyentuh kalbu.

Semua orang pasti mengalami musibah, masalah, cobaan dan bencana dengan berbagai macam bentuk dan tingkat kesulitan dalam menghadapinya. Itu semua adalah sebuah keniscayaan yang tetap akan terjadi ketika Allah telah menuliskannya pada lembaran sejarah hidup kita. Sehingga ketika menghadapinya kita tak perlu gundah dan bersedih karena toh tetap akan terjadi, kesedihan hanya akan menambah berat musibah yang sedang kita hadapi. Al-Qarni menyebutkan bahwa syaraf-syaraf akan tetap tegang, kegundahan jiwa tak akan reda, dan kecemasan di dada tak akan pernah sirna, sebelum kita benar-benar beriman terhadap qadha’ dan qadar. Yakinlah bahwa Allah selalu memberi yang terbaik buat kita meskipun pada saat kita menjalaninya terasa begitu berat, di setiap musibah pasti ada pelajaran yang berharga selain juga sarana penghapus dosa bila kita berhasil menyikapinya dengan sabar, dan semua pasti ada jalan keluarnya, maka mintalah pertolongan hanya kepada-NYA. Syukurilah segala nikmat yang telah dikaruniakan oleh Allah, nikmat yang sering kali tidak kita sadari sebelum merasakan susahnya ketika nikmat itu dicabut atau diambil untuk sementara waktu.

Al-Qarni mengajak kita untuk melupakan masa lalu bila hanya membuat kita bersedih, cukuplah masa lalu itu diambil pelajarannya lalu berkas-berkas masa lalu itu ditutup rapat-rapat lalu disimpan dalam ruang “penglupaan”, diikat dengan tali yang kuat dalam penjara “pengacuhan” selamanya. Bersedih dan menyesali masa lalu itu tindakan bodoh, karena bersedih ataupun tidak, masa lalu itu tidak akan kembali, tidak juga bisa diubah, menyesalinya hanya akan membunuh semangat, memupuskan tekad dan mengubur masa depan yang belum terjadi.

Hal yang sama juga diingatkan oleh Al-Qarni dalam menghadapi masa depan, La Tahzan! Hari esok masih berada di alam gaib, tak seorangpun dapat mengetahui secara pasti kejadian pada hari esok bahkan 1 detik ke depanpun masih menjadi rahasia Allah. Maka untuk apa bersedih dan mencemaskan segala sesuatu yang belum tentu terjadi, dalam syariat tidak dibenarkan berangan-angan terlalu jauh sampai terhanyut dalam kecemasan-kecemasan yang hanya berasal dari dugaan semata.

Fokuslah pada hari ini, hari inilah yang kita jalani, bukan hari yang telah berlalu dan juga bukan hari esok yang belum tentu datang. Anggaplah kita hanya hidup di hari ini, maka lakukanlah segala sesuatunya dengan usaha terbaik, isi hari ini hanya dengan kebaikan dan hal-hal berguna, dengan begitu kita tak akan tercabik-cabik di antara gumpalan keresahan, kesedihan dan duka masa lalu dengan bayangan masa depan yang penuh ketidakpastian dan acapkali menakutkan. Hindarilah waktu kosong yang terlalu banyak, karena pada saat tak beraktivitas itulah godaan dan bisikan setan akan leluasa menyelinap masuk ke dalam diri kita, lalu dengan mudah membangkitkan perasaan gundah dan cemas yang sama sekali tidak memberikan manfaat.

Selain memberi nasihat-nasihat yang menyegarkan bathin kita dalam kehidupan pribadi, Al-Qarni juga memberikan tips-tips sederhana dalam berhubungan dengan orang lain, seperti bagaimana menyikapi kritik atau gunjingan, menyikapi perbedaan, sikap peduli terhadap orang lain dan sebagainya. La Tahzan cukup lengkap dalam memberikan pemahaman-pemahaman yang mengajak kita untuk bersikap optimis menghadapi hidup dan melupakan kesedihan, di susun dengan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna sehingga memudahkan kita untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tersenyumlah dan nikmati hari anda Wink

1 Response so far »

  1. 1

    indra said,

    Buku ini sungguh luar biasa……
    Begitu hebatnya pemaparan dlm buku ini yg sesuai dgn kondisi aktual masyarakat saat ini.
    Mari kita jalani hidup ini dgn enjoy…..
    dan serahkanlah segala urusan kepadaNya
    YANG MAHA KUASA.
    YANG MAHA BERKEHENDAK
    ALLAH SWT.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: