KEKUASAAN, KEKERASAN DAN PROYEK PENCERAHAN

( Mencari Akar Kekerasan Di FKG-UNHAS )

Sebagai entitas FKG-UNHAS, saya pikir tak ada salahnya jika kita mencoba “mencari tahu,“ bagaimana sebenarnya dan seharusnya proses pendidikan yang diselenggarakan di FKG-UNHAS ini? Terdapat banyak persoalan yang mengganggu pikiran dan perasaan saya dalam menjalani dinamika sebagai mahasiswa. Hal ini telah saya rasakan sendiri ternyata kerasnya kehidupan pendidikan militer perwira yang pernah dan telah saya jalani di Bandung ternyata masih lebih keras lagi kehidupan pendidikan di FKG-UNHAS ini.
Suka atau tidak suka, sadar atau tidak sadar hal ini telah membentuk karakter manusia yang pada akhirnya terlibat sebagai pelaku dalam peradaban ummat manusia dimuka bumi ini !

Salah satu fakta yang bisa kita lihat dan kita dengar dari pesta kekerasan di FKG-UNHAS ini adalah tingkah laku dosen yang notabene tenaga pengajar yang arogan dan tidak mencerminkan lagi sisi dirinya sebagai teladan di institusi ini, kemudian adanya gap yang terjadi antara sesama dosen di FKG-UNHAS, antara satu bagian dengan bagian yang lainnya. Mungkin sebagai penonton dari pesta kekerasan di FKG-UNHAS ini, dapat saja mengatakan bahwa kejadian tersebut adalah cerminan dari perilaku primitif yang tidak sepantasnya dilakukan dalam dunia kampus yang ilmiah, apa lagi di lakukan oleh tenaga pengajar yang notabene adalah seorang dokter gigi yang nantinya akan mencetak para dokter gigi profesional. Sementara disisi lain, para pelaku kekerasan dalam diri dosen akan mengatakan hal tersebut sebagai upaya menjaga dan menjunjung tinggi martabat harga diri dosen masing-masing. Namun apapun argumentasi yang dilontarkan, percekcokan dosen dan prilaku arogan dosen di FKG-UNHAS telah mencederai institusi pendidikan sebagai tempat belajar untuk memanusiakan manusia. Buah kekerasan telah dimakan dan pada akhirnya akan membentuk jiwa, pikiran dan perilaku kelompok terpelajar bangsa ini. Sungguh keadaan yang sangat memprihatinkan…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: