PROSES PEMBELAJARAN FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS HASANUDDIN

Setelah 5 hari penyegelan Rumah Sakit gigi dan Mulut Kandea dan Kampus FKG Tamalanrea oleh Keluarga Mahasiswa Profesi Dan Keluarga Mahasiswa Strata 1 FKG UNHAS, akhirnya Rabu 12 September 2007, FKG UNHAS kembali menjalankan aktivitasnya sebagaimana biasanya, setelah sehari sebelumnya dalam forum yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa ditetapkan SK Dekan FKG UNHAS No. 1262/H4.15/UH.08/2007, tentang Pelaksanaan Proses Pembelajaran Fakultas Kedokteran Gigi Universitas hasanuddin. Keputusan yang sifatnya institusional ini berisi 11 point, yakni :

  1. Mengaktifkan kembali proses pembelajaran di RSGMP Kandea dan Kampus Tamalanrea, mulai hari rabu tanggal 12 September 2007.
  2. Pimpinan Fakultas akan mendorong terciptanya proses pembelajaran yang lebih baik dan manusiawi demi terwujudnya kegiatan akademik yang kondusif.
  3. Melaksanakan petunjuk teknis pelaksanaan tahap akademik dan tahap profesi FKG-UH tahun 2003-2004 secara konsisten sampai disahkan petunjuk teknis yang baru.
  4. Kegiatan akademik untuk mahasiswa Crash Program akan dilaksanakan secara terintegrasi di RSGM Pendidikan Tamalanrea dalam waktu secepatnya.
  5. Peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana RSGMP akan dioptimalkan oleh Dekan FKG bersama Rektor Unhas.
  6. Mengoptimalkan RSGMP Tamalanrea dan berbagai fasilitas kesehatan yang layak dipakai sebagai lahan praktek pembelajaran di FKG-UH.
  7. Mahasiswa dan Dosen diwajibkan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  8. Pimpinan Fakultas berkomitmen untuk memperbaiki manajemen FKG-UH.
  9. Dekan memiliki kewenangan untuk mengambil langkah-langkah strategis demi kelancaran proses pembelajaran di FKG-UH.
  10. Membentuk tim monitoring dan evaluasi tingkat fakultas dan meminta kepada rektor dan atau unit pengawas internal (UPI) Unhas untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi secara rutin terhadap proses pembelajaran di FKG-UH.
  11. Surat keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan akan ditinjau kembali bila terdapat kekeliruan di dalamnya.

Pertemuan yang diselenggarakan oleh pihak pimpinan fakultas ini tidak hanya menghasilkan surat keputusan dekan, namun disepakati pula 14 butir nota kesepahaman bersama yang merupakan penjabaran tuntutan GETIR 2007, yakni :

  1. Dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) setiap dosen harus mengajar dan memberikan layanan akademik dengan cara terbaik, penuh dedikasi, disiplin, dan kearifan.
  2. Setiap dosen harus memberikan bimbingan dan layanan informasi yang diperlukan oleh mahasiswa dalam rangka memperlancar penyelesaian studinya dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab.
  3. Setiap dosen wajib memberikan motivasi kepada mahasiswa sehingga dapat merangsang daya fikir dan kreatifitas.
  4. Apabila dalam proses belajar mengajar (PBM) ditemukan adanya tindakan sewenang-wenang, intimidasi, tutur kata yang tidak santun dan atau kekerasan psikis lainnya oleh dosen terhadap mahasiswa pada pendidikan Strata-1 (S1) dan kepanitraan, maka harus diberlakukan sanksi berupa penonaktifan dosen yang bersangkutan (pencabutan SK mengajar) oleh dekan.
  5. Sistem penilaian yang konprehensif oleh mahasiswa Strata-1 (S1) dan kepanitraan terhadap dosen melalui angket / kuisioner dilakukan sesegera mungkin setelah kesepakatan ini di tandatangani. Hasil penilaian tersebut akan dijadikan rekomendasi kepada dekan untuk pemberian insensif dan dis-insensif kepada masing-masing dosen.
  6. Pembentukan tim ad-hoc penyelesaian mahasiswa angkatan 1991-1998 (crash program) dan berkomitmen secara bersama untuk menyelesaikannya.
  7. Meninjau ulang sistem penilaian dengan berdasarkan sitem yang baku dan transparan dimana terdiri dari unsur-unsur : penilaian kasus, responsi, ujian, attitude, untuk disahkan pada rapat senat fakultas dan dalam pembahasannya melibatkan secara penuh elemen mahasiswa.
  8. Pemberlakuan requrement kasus berdasrkan standar kompetensi minimal dan standar pelayanan medik disetiap bagian.
  9. Sistem regulasi klinik harus segera dibenahi dengan pemberlakuan sistem claster bagian, pembahasan dan keputusan mengenai sistem tersebut harus melibatkan elemen mahasiswa secara penuh.
  10. membuat protap (prosedur tetap) atau juklak dan juknis sebagai pedoman dan panduan mahasiswa untuk masuk bagian sesegera mungkin.
  11. Merenovasi gedung RSGM kandea sesegera mungkin.
  12. Menggunakan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Tamalanrea sebagai tempat states kepanitraan sesegera mungkin.
  13. Perluasan states kepanitraan dengan MoU dengan pihak-pihak yang biasa diajak bekerjasama (Pali Gigi dan Mulut, Puskesmas, Badan Penyelenggara Asuransi Kesehatan dan Ladokgi) selambat-lambatnya sesegera mungkin.
  14. Penambahan fasilitas dental unit di RSGM, sarana dan prasarana laboratorium di Kampus Tamalanrea sesegera mungkin secara rasio ideal.

Oleh pihak mahasiswa, keluarnya SK Dekan dan disepakatinya MoU tersebut di anggap langkah awal yang diharapkan mampu memenuhi tuntutan yang disuarakan dalam sebuah aksi besar bernama Gerakan Anti Tirani (GETIR) 2007. Aksi yang dilatar belakangi oleh kekecewaan ratusan mahasiswa terhadap bobroknya sistem pendidikan di FKG, pada awalnya menyuarakan tiga tuntutan umum mahasiwa yakni : Pemberlakuan sistem penilaian terhadap profsionalitas dosen secara konfrehensif, Perbaikan sistem pendidikan dokter gigi di Fakultas Kedokteran Gigi UNHAS, dan Perbaikan serta penambahan sarana dan prasarana di Fakultas Kedokteran Gigi UNHAS.

Sebelumnya, Gerakan yang terjadi pada hari kamis 6 September 2007, ini dipicu oleh kericuhan yang terjadi pada jumat siang (31 Agustus 2007) di RSGM Kandea. Menurut Ketua DMP FKG UNHAS, Muh. Ikbal, S.KG, aksi ini timbul akibat dikeluarkannya mahasiswa profesi bernama A. Surtadharma, S.KG dari ruangan bagian Oral Surgery oleh seorang dosen disertai dengan lontaran kata-kata yang “tidak pantas”. Ditambah pula akumulasi dari permasalahan-permasalahan yang terjadi di FKG-UH sampai saat ini membuat mahasiswa bertekad melakukan sebuah aksi yang menginginkan perubahan.

1 Response so far »

  1. 1

    Untuk memajukan ilmu kedokteran perlu textbook. Download buku gratisnya di http://gondolok.blogspot.com


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: