RENCANA BISNIS

Sebuah rencana bisnis adalah peta dalam menjalankan usaha. Sebuah rencana bisnis juga akan membantu dalam melihat lebih jelas mengenai tipe bisnis yang akan dirintis, siapa saja yang akan menjadi pelanggan, dan apa saja produk atau jasa yang akan ditawarkan.

Rencana bisnis yang resmi akan memberikan summary (catatan ringkas) dari bisnis dan market, detil produk, pelanggan dan pangsa pasar (market), supplier, estimasi keuntungan, analisa persaingan usaha, dan lain-lain.

Rencana bisnis ideal ini dapat mencapai 20 halaman dan butuh berbulan-bulan untuk menyelesaikannya. Berikut adalah hal-hal yang harus dipikirkan saat menulis rencana bisnis.

Pertama, usaha apa yang akan Anda mulai? Toko, jasa professional, atau website online.

Kedua, apa tujuan dari bisnis Anda?

Sebuah bisnis dapat dimulai karena kesenangan belaka, tetapi bila Anda ingin mendapat keuntungan, Anda harus tahu mengapa memulai bisnis. Apakah untuk memenuhi kebutuhan tertentu dari pelanggan atau menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya.

Ketiga, bagaimana bisnis Anda akan menghasilkan uang? Apakah akan menjual produk, dimana produk itu diperoleh, pada harga berapa akan membeli produk itu dan berapa akan dijual.

Keempat, siapa sajakah yang akan menjadi pelanggan? Mengenal pelanggan adalah hal yang utama dalam menulis sebuah rencana bisnis.

Mengetahui siapa pelanggan juga akan membantu dalam menjalankan kegiatan advertising dan marketing, termasuk menentukan harga produk.

Kelima, bagaimana mendapatkan pelanggan tersebut? Misalnya, apakah dengan menelponnya satu per satu, atau akan merekrut tim penjualan yang hebat.

Tentu saja poin-poin di atas hanyalah langkah dasar dalam membuat sebuah rencana bisnis, akan tetapi pon-poin tersebut adalah yang terpenting.

Iklan

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    winterwing said,

    tolong beri penjelasan lebih lengkap.

  2. 2

    judi said,

    he..he…memang begitu adanya


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: