Komando Strategi dan Cadangan Angkatan Darat (KOSTRAD)

Lambang KostradKostrad yang merupakan singkatan dari Komando Strategi dan Cadangan TNI Angkatan Darat, adalah bagian dari Bala Pertahanan Pusat yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Kostrad memiliki pasukan berkisar antara 25.000 sampai 26.000 personil yang memiliki selalu siap untuk beroperasi atas perintah panglima TNI kapan saja. Cikal bakal Kostrad berasal ketika Indonesia pertama kali berurusan dengan isu kemerdekaan Irian Barat pada tahun 1960. Kostrad kemudian dibentuk pada 6 Maret 1961 bernama Korra-I/Caduad, berdasarkan surat keputusan Men/pangad No. ML/KPTS 54/3/1961. Sebagai kesatuan yang paling muda, Kostrad merupakan inti kekuatan Komando Mandala (operasi trikora atau pembebasan Irian Barat). Kemudian berganti nama menjadi Kostrad pada tahun 1963.
Kostrad Penyusupan RawaMayor Jenderal Soeharto (yang kemudian menjadi Presiden Indonesia) dipercaya sebagai orang pertama yang menjabat Panglima Kostrad (Pangkostrad). Pada tanggal 1 April 1998 Panglima Kostrad dijabat oleh Letnan Jenderal Prabowo Subianto yang merupakan anak mantu Soeharto.

Selama masa Orde Baru, Korps baret hijau ini tidak pernah absen dari berbagai operasi militer di Indonesia, seperti G-30-S/PKI, Operasi Trisula, PGRS (Sarawak People’s Guerrilla Force) di Sarawak, PARAKU (North Kalimantan People’s Force) di Kalimantan Utara dan Operasi Seroja di Timor Timur. Kostrad juga dilibatkan pada tingkat internasional dengan diberangkatkannya pasukan Garuda di Mesir (1973-1978) dan Vietnam (1973-1975) serta dalam operasi gabungan sebagai pasukan penjaga perdamaian dalam perang Iran-Irak antara 1989 dan 1990.

Tahun 1984 Pangkostrad bertanggung jawab langsung kepada Panglima ABRI dalam operasi-operasi pertahanan dan keamanan. Sekarang ini Kostrad memiliki kekuatan pasukan sekitar 35.000 sampai 40.000 tentara dengan dua divisi infantri yaitu Divisi Satu yang bermarkas di Cilodong, Jawa Barat dan Divisi Dua yang bermarkas di Malang Jawa Timur. Setiap divisi memiliki brigade lintas udara dan brigade infantri.

Iklan

5 Tanggapan so far »

  1. 1

    Dely Fitrianita said,

    Wah saLut bner bwt TNI,,,TNI enng Bner@ Bnteng terakhir bangsa…
    Lmyn bnyk jg personilnya…pst Lthannya berat yaH

    Ttep SMNGT!!

  2. 2

    asry said,

    maaf mau tanya pendidikan kostrad berapa lama ya?terus kalau untuk kesatuan rindam jaya itu pendidikannya di mana?soalnya kakaku penjurusannya dapat kostrad terus mpe sekarng ga tau kabarnya…..ga boleh bawa Hp juga ya? kenapa?….mmm buat TNIku para belanegaraku tep semangat ya dalam melaksanakan tugas.tiada tugas terlalu berat,tiada pengorbanan terlalu besar untuk negara kita.

  3. 3

    apit said,

    Ayo kita berjuang demi merah putih INDONESIAKU

  4. 4

    DAVID said,

    KOSTRAD PASUKAN ELIT DI INDONESIA

  5. 5

    DAVID said,

    brapa bulan pendidikan kostrad di cilodong…lalu selanjutnya pendidikan apa lagi…adik saya bru 2 bulan yg lalu penempatan di cilodong..untuk tahun ini dibatalyon mana saja ada permintaan??


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: