REFLEKSI DIRI DI AKHIR TAHUN 2007

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Menjelang pergantian tahun 2007-2008 baru ini, kembali pertanyaan-pertanyaan yang sama muncul dibenak saya (mungkin karena saya sedikit katrok :), yang tidak pernah mengerti dengan makna dan arti pergantian tahun. Setiap pergantian tahun, hampir semua orang berlomba-lomba mempersiapkan diri, uang dan waktunya untuk menyambut pergantian tahun dengan berbagai aktivitas dan kegiatan yang memerlukan banyak waktu, tenaga dan uang.

Kenapa kita harus merayakan tahun yang identik dengan kesenangan atau bahkan hura-hura, menghamburkan uang, menghabiskan waktu semalam suntuk, menguras tenaga dan bahkan ada yang harus berkorban jiwa? Bukankah pertambahan tahun berarti akan menambah umur kita, yang juga berarti;berkurangnya jatah hidup kita? Bukankah sebuah kerugian besar jika umur kita bertambah sementara kebaikan yang kita lakukan juga tidak ikut bertambah? Bukankah sebuah kerugian besar jika bertambahnya tahun tidak menambah kedewasaan dan kematangan kita dalam berpikir dan bertindak apalagi dalam berbuat kebaikan?


Mungkin menurut saya akan lebih bermanfaat jika malam tahun kita jadikan moment untuk merenung diri dan mengkaji ulang apa yang telah kita lakukan ditahun sebelumnya, untuk kemudian mengoreksi sesuatu yang salah, menjaga dan menambah sesuatu yang sudah benar dan memulai hal-hal positif?
Sementara apa yang kita dapat dengan berpesta? dengan menghamburkan uang tanpa arti yang jelas. Bukankah masih banyak saudara kita yang menjerit dalam bencana, seperti berikut ini:

1.    Banjir hampir diseluruh wilayah Indonesia (bojonegoro, solo, kudus, jakarta, aceh, makassar, dll)

2.    Bencana tanah longsor di karanganyar jawa tengah

3.    Naiknya harga sembako menjelang akhir tahun, dll

Bukankah masih banyak saudara kita yang kedinginan dibalik keangkuhan kita dalam menghabiskan uang untuk berfoya-foya dan melakukan perbuatan tak ada gunanya. Bukankah semua itu akan lebih baik jika biaya sebuah pesta tahun baru di gunakan untuk membangun sebuah sekolah bagi keluarga kurang mampu sehingga bisa ikut memajukan pendidikan di negeri ini. Biasa kita bayangkan jika bensin yang kita habiskan untuk berkeliling kota dengan berteriak- teriak tanpa makna, dibelikan sembako yang dibagikan kepada fakir miskin, berapa perut akan merasa kenyang dengan uang yang dihamburkan itu. Andaikan pesta dangdut dan sejenisnya itu diganti dengan aksi sosial, berapa banyak saudara-saudara kita yang bisa kita bantu, makanan yang kadang terbuang percuma, kita gunakan untuk menyantuni para yatim piatu, berapa anak yatim akan tertolong.

Aaah, betapa indah jika hal-hal diatas dapat kita lakukan, jika kita belum mampu mengubah sebuah masyarakat atau bangsa, kenapa kita tidak berusaha merubah sesuatu yang kecil dalam perilaku kita yang sangat mungkin kita lakukan. Namun begitu, banyak harapan di tahun baru 2008 nanti, semoga saja memudahkan jalan hidup saya nanti amien….

1 Response so far »

  1. 1

    ta_wury said,

    prinsip hidup….itu pasti ada di setiap benak hati seseorang…alhamdulillah jika A’ punya planing yang bagus untuk tahun 2008 ini…semoga A’ diberi umur yang panjanga sehinnga A’ dapat merealisasikan planing A’..untuk kedepannya…sebenarnya A’ ni meskipun masih umur 23 tahun tapi sudah dewasa banget…memang benar usia tidak menjamin kedewasaan seseorang….menurut buku psikologi yang pernah ita baca…karangan michael J ack…wanita mempunyai kedewasaan yang cepat dari pria..tapi realitanya ita yang umurnya masih 19 tahun yang sudah dapat dikatagorykan wanita dewasa…kalah dengan A’ asram yang masih 23 tahun yang dapat dikatagorykan masih belum dianggap dewasa…laki2 dewasa itu kalau sdh umurx >25 kalau dilihat dari umur A’ yang sekarang A’ itu termasuk katagory orang yang berhasil….melatih emosi..dapat mengatur masa depan A’ nantinya…semoga planing A’ kedepannya dapat tercapai dengan baik dan diridhoi oleh Allah SWT…AMIN…..


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: