AJANG KADERISASI – FORUM KOMUNIKASI OSIS (AKAR-FKO) ANGK. IX SMU/SMK/ MA NEGERI DAN SWASTA SEKOTA KENDARI

Ajang Kaderisasi Forum Komunikasi Osis (AKAR-FKO) adalah agenda rutin pengurus OSIS Sekota Kendari yang dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan dalam memimpin organisasi. Tahun ini merupakan kali kesembilan FKO melaksanakan kegiatan ini. Sebanyak 60 peserta mengikuti AKAR-FKO kali ini yang kesemuanya merupakan perwakilan pengurus OSIS tiap sekolah periode 2008/2009 di Kota Kendari. AKAR-FKO tahun ini diadakan selama 6 hari, tanggal 19 Februari sampai 24 Februari 2008.

Latar belakang

Tiap-tiap manusia adalah pemimpin karena mereka diciptakan untuk memimpin dan mengelola bumi ini dengan baik. Karena proses inilah, maka manusia telah memiliki jiwa kepemimpinan sejak mereka lahir di dunia ini. Dengan cara apapun, manusia menggunakan kepemimpinannya itu, baik untuk memimpin diri sendiri maupun orang lain. Mereka juga harus menggunakan kepemimpinannya itu dengan baik karena mereka akan dimintai pertanggungjawabannya di kemudian hari.

Jika mereka sudah sanggup memimpin dirinya sendiri, pasti mereka memiliki kecenderungan untuk memimpin orang lain. Karena hal inilah, maka timbul tokoh-tokoh masyarakat yang memberikan pengaruh yang cukup besar bagi lingkungannya yang disebabkan oleh kepemimpinanya itu. Setelah itu, mereka akan memberikan kotribusi terhadap sesuatu yang dipimpinnnya itu agar yang dipimpinnya dapat berkembang ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, mereka membutuhkan suatu sarana untuk mengembangkan jiwa kepemimpinannya tersebut.

Atas dasar itulah, Pengurus Forum Komunikasi Osis (FKO) SMU/SMK/MA Negeri & Swasta Sekota Kendari Ang. VIII menyelenggarakan kegiatan Ajang Kaderisasi (AKAR) untuk menanamkan dan mengembangkan jiwa kepemimpinan para siswa. Dengan kegiatan ini, diharapkan mereka dapat mempergunakan jiwa kepemimpinannya dengan baik sehingga mereka dapat menjadi kader-kader FKO Kota Kendari yang memiliki rasa cinta almamater (OSIS) dan juga meningkatkan rasa cinta tanah air mereka, sehingga di kemudian hari mereka dapat membantu memperbaiki kehidupan bangsa ini.

Dasar pemikiran

Dasar pemikiran diadakannya kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Q.S. An-Nisa ayat 9
  2. “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataaan yang benar.”
  3. Garis-Garis Besar Program Kerja Forum Komunikasi Osis (GBPK-FKO) Kota Kendari
  4. Visi dan Misi FKO sesuai dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga
  5. Program Kerja Sie. V FKO SMU/SMK/MA Negeri & Swasta Kota Kendari

Tujuan

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menanamkan dan mengembangkan jiwa kepemimpinan dalam diri siswa SMU/SMK/MA Negeri & Swasta khususnya Pengurus FKO Kota Kendari.

Ajang Kaderisasi Forum Komunikasi Osis (AKAR-FKO) meliputi proses dan fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan/kepemimpinan (directing/leadership), dan pengendalian/ pengawasan (controlling).

Memperhatikan fungsi manajemen, maka baik konsep maupun secara teknis merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami dan diterapkan dalam suatu organisasi dalam rangka mencapai tujuannya.

Forum Komunikasi Osis (FKO) Tingkat SMU, SMK, MA adalah sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang pengelolaan dan penataan pendidikan yang bertujuan menciptakan manusia (anak didik/pendidik) sebagai manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cerdas, berilmu pengetahuan, dan memiliki keterampilan. Karena itu, AKAR-FKO berusaha mencapai tujuan tersebut dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen secar benar dan baik.

Untuk itu, Ajang Kaderisasi Forum Komunikasi Osis (AKAR-FKO) menjadi kegiatan penting untuk melatih siswa sejak dini agar terbentuk karakter kepribadian yang tangguh dalam menyongsong masa depannya.

AKAR-FKO dilaksanakan selama 6 hari, 3 hari diruangan dan 3 hari dilapangan dari tanggal 19-24 Februari 2008. Dasar pelaksanaan AKAR-FKO adalah Surat Keputusan Kepala Kantor Dinas Pendidikan Nasional Kota Kendari di Kendari Nomor: 030/FKO/VIII/2008 Tentang Pembagian Tugas Dalam Pembelajaran Tahun Pelajaran 2008/2009.

Secara umum, kegiatan AKAR-FKO tahun 2008, dimaksudkan sebagai sarana berlatih bagi siswa Sekolah diKota Kendari untuk memahami dan memiliki keterampilan dasar manajemen berbasis nilai-nilai ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan etika moral. Pada operasionalnya, kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi dan capaian prestasi siswa dalam belajar dan bertindak. Secara rinci kegiatan ini dapat mengarahkan siswa untuk:

    1. Mengembangkan sikap positif siswa dalam menggali gagasan dan mengkomunikasikan pendapatnya.
    2. Dapat menetapkan suatu tujuan dan berpikir sistemik tentang cara-cara mencapainya.
    3. Memiliki keterampilan dalam menyusun rencana kegiatan, mengorganisasi kegiatan, mengarahkan kegiatan dan memimpin personalia kegiatan, serta dapat mengawasi dan mengendalikan kegiatan.
    4. Menumbuh kembangkan sikap posisitf siswa dalam membangun kerjasama dan patriotisme.

Pemberian materi kegiatan AKAR-FKO menggunakan metode pemaparan, diskusi, pengumpulan pendapat, pengisian formulir pertanyaan, pola persidangan, kesehatan fisik, baris-berbaris, dan outbond.

Peserta kegiatan adalah utusan / perwakilan siswa-siswi terbaik tiap sekolah, khususnya Pengurus OSIS dan MPK disekolah masing-masing. Kegiatan dirancang, diarahkan dan dibimbing oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota Kendari serta para demisioner FKO dan kegiatan di lapangan dilakukan oleh beberapa siswa panitia yang dinilai sudah memenuhi kualifikasi untuk membimbing.

Kegiatan AKAR-FKO dalam ruangan dilakukan di Aula Kantor Dinas Pendidikan Nasional Kota Kendari, untuk seluruh materi pelatihan, kecuali outbond yang dilaksanakan di tempat yang representatif, yaitu Lapangan Toronipa Kec. Soropia yang borlokasi di sebelah Selatan dari Kota Kendari.

Materi kegiatan LDKS meliputi:

1. Kepemimpinan : Drs. Mashuddin (Ka. Diknas Kota Kendari)

2. Persamaan Gender : Ibu Fatmawati Mokodompit

3. Sejarah FKO : Herpin Nur

4. Retorika : Taufik Ahmad

5. HIV-AIDS & Narkoba :

6. Teknik Persidangan :

7. Tawuran dan Penyakit masyarakat : Briptu Pol. Budiarto Ilyas

8. Peraturan Baris-Berbaris (PBB) : Firman saranani

8. Hambatan System & Tipe Kepemimpinan : Letda CKM drg. Asram Nur Anas

9. Leadership Games & Outbond :Demisioner dan Panitia

Susunan Panitia adalah:

Penanggung Jawab:
Kepala Kantor Dinas Pendidikan Nasional Kota Kendari
(Drs. Mashuddin)

Team Peninjau : Para Demisioner FKO

Koordinator Umum FKO : Muh. Nawirullah

Ketua : Andri Leo
Sekretaris : Mursyida Nurfadhilla
Bendahara : Eka
Seksi-seksi : Seluruh Pengurus FKO SMU/SMK/MA Angk. VIII

Susunan Panitia pada tingkat Siswa adalah: Seluruh Pengurus FKO SMU/SMK/MA Negeri & Swasta Angkatan VIII sebagai penghargaan

Semoga dengan adanya pelatihan ini, pengurus FKO yang baru dapat menjalankan tugasnya dengan lebih profesional sehingga dapat mencapai visi dan misi yang diharapkan. Amien ya rabbal aalamin

Iklan

6 Tanggapan so far »

  1. 1

    pithe chubby said,

    assalamualaikum………….

    kk…
    mana foto-fotonya?????

    sudah mi nah kk…

    wassalam^_^

  2. 2

    awink said,

    assalamu alaikum Wr …. Wb …..

    ka’ kita masukkan juga nama-nama pengurus barunya FKO angkatan IX

    Wassalamu Alaikum Wr … Wb….

    (Komentar Jie toh)

  3. 3

    satria said,

    ass………………
    programnya apa aja?

  4. 4

    Budiarto Ilyas said,

    Asslm Saudaraku.. gmn kabarnya ?
    kapan lg ke kendari ? jgn lupa ngasih kabar kalau ke kendari,
    sy tgg..

    Regenerasi ke-2 FKO

  5. 5

    manto gel said,

    slamt bagi perwira TNI smg berhasil…………………..
    ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,mau tanya pak apa saja yang di ujikan untuk masuk TNI???????????

  6. 6

    febry_krocilz said,

    ass…smoga fko selalu eksis dalam percaturan pelajar..amien


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: